Kendari (ANTARA) -
Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyiapkan sebanyak Rp1,4 triliun uang tunai untuk menghadapi Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.
 
Kepala KPw BI Sultra Doni Septadijaya saat ditemui di Kendari, Selasa, mengatakan bahwa secara historis, pada momen tersebut terdapat peningkatan aktivitas ekonomi dan transaksi masyarakat. 
 
"BI Sultra telah menyiapkan langkah antisipatif untuk menjamin kecukupan uang beredar melalui penyaluran uang tunai yang diproyeksikan oleh perbankan di Sultra senilai Rp983 juta, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terjadinya kekurangan uang tunai, karena jumlah dimaksud telah mencukupi kebutuhan uang tunai Provinsi selama tiga bulan," kata Doni.
 
Dia menyebutkan bahwa adanya pembayaran digital, baik berupa QRIS atau AMPK juga dapat membantu masyarakat agar tetap dapat bertransaksi tanpa harus membawa uang tunai.
 
Doni menyampaikan bahwa meski ketersediaan uang untuk periode Natal dan tahun baru, masyarakat juga tetap harus bertransaksi secara bijak. Sebab, di akhir tahun terdapat potensi terjadinya inflasi akibat peningkatan permintaan atau demand pull inflation.
 
"Melalui belanja bijak masyarakat dapat mencegah terjadinya konsumsi berlebihan sehingga seluruh pihak dapat memperoleh barang yang dibutuhkan," sebutnya.
 
Doni juga mengungkapkan bahwa dalam rangka pemenuhan kebutuhan uang pecahan kecil di masyarakat, KPw BI Sultra bersinergi dengan perbankan dan retailers dalam program "Lingkar Koin Sultra (LKS)" untuk menyediakan penukaran melalui layanan kas keliling yang akan dilaksanakan sebanyak dua kali pada Januari 2024.
 
"Bank Indonesia mendorong masyarakat untuk menukarkan uang rupiah Rp500 Tahun Emisi (TE) 1991, Rp1000 TE 1993, dan Rp500 TE 1997 yang telah dicabut pada 1 Desember 2023," jelasnya.
 
Doni juga menuturkan bahwa uang rupiah yang telah dicabut tidak lagi berlaku sebagai alat transaksi, namun masyarakat masih dapat menukarkan uang tersebut dalam jangka 10 tahun hingga 1 Desember 2033 pada setiap hari Kamis di Kantor BI Sultra.
 
"Penukaran dilakukan dengan dahulu mendaftarkan diri pada situs PINTAR https://pintar.bi.go.id atau dapat melakukan penukaran di kantor Perbankan terdekat," tambah Doni.

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024