Kendari (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kolaka menyiapkan satu tempat pemungutan suara (TPS) khusus di dalam Rumah Tahanan Kelas II B Kolaka, Sulawesi Tenggara, untuk memenuhi hak pilih bagi warga binaan.

Komisioner KPU Kolaka, Rusdi yang dikonfirmasi di Kendari, Jumat, mengatakan pihaknya juga sudah menyiapkan satu lagi TPS khusus di Lokasi Perkebunan Sawit PT.Damai Jaya Lestari namun ketika melakukan pemantau rata-rata pekerja pulang ke daerah masing-masing.

"Kami sudah memantau dan berkordinasi dengan aparat Pemerintah dan pemilik perusahaan mengenai rencana pembuatan TPS khusus namun karyawan yang bekerja di sana semua akan pulang pada hari pemungutan suara," katanya.

Begitu juga dengan anak mahasiswa lanjut dia, juga direncanakan dibuatkan TPS khusus di kampus untuk mempermudah di saat hari pemungutan suara namun semua mahasiswa juga pulang ke wilayah masing-masing.

"Dari 705 TPS yang akan digunakan nanti dalam pemungutan suara termasuk satu di dalamnya adalah TPS khusus di Rutan Kolaka," jelas Rusdi.

Sementara Kepala Rutan Kolaka, Tutut Jemi Setiawan yang dikonfirmasi menjelaskan belum mengetahui secara pasti berapa jumlah wajib pilih warga binaan.

"Petugas yang melakukan pendataan lagi cuti,nanti minggu depan baru bisa kita lihat data wajib pilih warga binaan," katanya.


Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024