Kendari (ANTARA) - Bupati Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara  H. Ruksamin memastikan bahwa mahasiswa asal kabupaten setempat  yang kuliah atau melanjutkan studi di Yogya bakal mendapatkan beasiswa secara menyeluruh dari pemerintah daerah (Pemda).

 H. Ruksamin saat dihubungi, Minggu malam, mengatakan bahwa dirinya telah mengunjungi dan berbincang-bincang dengan para mahasiswa asal Konut di Yogya, pada Sabtu (9/12) malam.

"Alhamdulillah, setelah kami berbincang-bincang dengan para mahasiswa Konut yang kuliah di sana, mereka semua telah mendapatkan beasiswa berupa uang kuliah tunggal (UKT) gratis dari Pemda," kata H. Ruksamin.


Ia menyebutkan bahwa dalam pertemuan dengan para mahasiswa tersebut, dirinya berpesan kepada mereka agar terus tekun dalam menimba ilmu di Yogyakarta agar bisa meningkatkan kualitas diri sesuai dengan disiplin ilmu yang dipelajari selama menjalani perkuliahan.

"Saya sampaikan kepada mahasiswa-mahasiswa asal Konawe Utara bahwa tugas sebagai mahasiswa adalah belajar. Dengan begitu, ketekunan belajar akan menghasilkan pula kualitas diri yang tinggi, nantinya pada posisi itu, potensi yang menorehkan prestasi gemilang sangat terbuka lebar ke depannya," ujar H. Ruksamin.

Bupati Konut itu juga berharap bahwa mahasiswa-mahasiswa Kabupaten Konut yang melanjutkan studi di Yogyakarta ataupun di luar daerah, jika telah menyelesaikan studinya maka selanjutnya harus pulang kembali ke Kabupaten Konut untuk ikut bersama-sama membangun daerah Bumi Anoa.

"Saya berharap kalian (mahasiswa) pulang kembali ke Konut untuk bersama-sama membangun daerah kita tercinta. Maka gunakanlah ilmu kalian selama belajar di kampus untuk kemajuan Kabupaten Konawe Utara," sebut H. Ruksamin.

Diketahui, Pemda Kabupaten Konut menggratiskan UKT seluruh mahasiswa Bumi Oheo, hal itu merupakan salah satu program unggulan dari Bupati Konut H. Ruksamin. Saat ini, sebanyak 2.220 mahasiswa asal Kabupaten Konut yang tersebar di 121 perguruan tinggi se-Indonesia. Bahkan, ada 10 orang mahasiswa yang sedang melanjutkan studi di Tiongkok dan dibebaskan dari biaya UKT.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024