Kendari (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Andap Budhi Revianto meminta kepada para guru dan tenaga kesehatan di wilayah setempat agar tetap bekerja dengan baik, penuh tanggung jawab dan lebih profesional.

Pernyataan itu disampaikan Pj Gubernur Sultra, usai memimpin upacara bendera dalam rangka Hari Guru Nasional (HGN) dan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tahun 2023 di pelataran kantor gubernur Bumi Praja Kota Kendari, Sabtu.

Dalam rangkaian upacara bendera tersebut, Pj Gubernur Sultra juga membacakan dua sambutan menteri, yakni Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim.

Menurut Pj Gubernur, Hari Guru Nasional dan Hari Kesehatan Nasional tahun 2023 dirayakan dengan sederhana serta penuh kebanggaan dan semangat kebersamaan dan toleransi bagi dua instansi di Sulawesi Tenggara.

Pada momen istimewa ini, Pj Gubernur Sultra memberikan penghargaan kepada berbagai kalangan yang berprestasi. Salah satunya adalah pemberian beasiswa bagi 100 siswa berprestasi sebesar Rp1,5 juta per orang. Sementara itu, 20 guru berprestasi tingkat nasional/internasional berhak mendapatkan masing-masing satu unit laptop.

Tidak hanya itu, apresiasi juga diberikan kepada dua tenaga kesehatan berprestasi tingkat nasional, dan empat purnabakti Dinas Kesehatan Provinsi Sultra.

"Pemberian penghargaan ini menjadi bukti komitmen Pemerintah Provinsi Sultra dalam mendukung pendidikan dan kesehatan di wilayah Sulawesi Tenggara," Kata Andap Budhi Revianto. Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto (tengah) bersama Sekda Sultra Asrun Lio dan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sultra Yusmin, dan Kadis Kesehatan melakukan foto bersama usai upacara Hari Kesehatan Nasional dan Hari Guru Nasional 2023 di pelataran Kantor Gubernur, Sabtu. (Foto Antara/Azis Senong)

Dikatakan, momen HGN jatuh setiap 25 November Sebagai anak didik, kita wajib memberikan penghormatan kepada para guru yang telah berperan besar dalam dunia pendidikan.

"Guru adalah kompas yang mengaktifkan magnet keinginan tahunya, pengetahuan dan kebijaksanaan dalam diri para siswa," ujar Andap.

Ia juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada para guru. Karena berkat jasa merekalah banyak lahir orang-orang sukses.

"Saya juga berterima kasih kepada para tenaga kesehatan yang telah bekerja tanpa pamrih menghadirkan masyarakat sehat. Terima kasih bapak dan ibu guru kami. Terima kasih para tenaga kesehatan. Semoga senantiasa dalam lindungan Allah SWT," tutur Pj gubernur yang disambut tepuk tangan dari ribuan peserta upacara.

 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024