Kendari (ANTARA) - Sekolah Menegah Atas Negeri Satu (SMANSA) Kendari, Sulawesi Tenggara keluar sebagai juara umum lomba seni tingkat SMU-SMK Sederajat yang diselenggarakan UPTD Museum dan Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra.

Lomba seni tingkat SMU-SMK sederajat tahun 2023 berlangsung selama tiga hari (20-23 November 2023) di tutup secara resmi Kadis Dikbud Sultra, Yusmin di Kendari, Rabu (22/11) malam.

Lomba seni tingkat SMA-SMK sederajat itu memperlombakan tiga agenda kesenian yakni baca puisi, menyanyi solo dan desain grafis. Jumlah peserta seluruhnya 310 orang dari 76 SMA-SMK yang ikut dari perwakilan 17 kabupaten kota di Sultra.

Panitia lomba seni, Nony Suhida mengatakan SMA negeri I Kendari disebut sebagai juara umum karena dari tiga jenis lomba yang dipertandingkan SMA I Kendari ada pesertanya masuk sebagai juara.

Adapun nama-nama peserta yang menjuari lomba seni yakni, lomba baca puisi putra juara pertama atas nama Aksa Panduwijaya dari SMA Negeri I Kendari dan peserta putri juara pertama atas nama Diva Maheswari juga dari SMA negeri I Kendari.

Kemudian untuk lomba menyanyi solo juga sebagai juara pertama dari SMA Negeri I Kendari dengan nomor undian 15, meski dari dewan yuri tidak menyebut nama peserta hanya nomor undian. Kadis Dikbud Sultra H.Yusmin, SPd, MH (tengah), saat foto bersama dengan peserta pemenang pada lomba seni tingkat SMU-SMK Sederajat 2023 yang diselenggarakan UPTD Museum dan Taman Budaya di Kendari. (Foto Antara/Azis Senong)

Sementara jura 2  menyanyi solo atas nama Marhan dari SMA negeri 7 Konawe Selatan dan juara 3 atas nama Muhammad Fauzan Pratama juga dari SMA negeri I Kendari. Kemudian harapan 1,2 dan 3 masing-masing Muh.Mufti Fahri Syam SMA Negeri I Ladongi Kolaka Timur, Ld.Buya Sastra Permana dari SMA negeri 4 Kendari dan Supnandin dari SMK 3 Kendari.

Lomba desain grafis juara 1 atas nama Rendy dari SMA negeri I Konawe, Kanzah Labika dari SMK Negeri 2 Kendari dan juara 3 Nurul Mutmainnah Sahidin dari SMK negeri 4 Kendari. Kemudian harapan 1, 2 dan 3 masing-masing, Sava Natjamh Putri SMA negeri 5 Kendari, Gwen dari SMA Negeri 4 Kendari dan Murthi dari SMA negeri 8 Konawe Selatan.

Peserta putri sebagai juara pertama atas nama Diva Maheswari dari SMA negeri I Kendari, juara 2 atas nama Zakiah Rahma Nilla dari SMA negeri 3 Konawe Selatan dan juara 3 atas nama Elmy Alvina Antika dari SMA Negeri I Ladongi Kolaka Timur. Sementara harapan 1,2 dan 3 masing-masing Azzahra Mocita SMA negeri I Kendari, Aulia Haq dari SMA negeri 2 Kendari dan Embun Shelina Anjannah dari SMA Negeri I Wang-Wangi Kabupaten Wakatobi.

Kadis Dikbud Sultra Yusmin, menyampaikan selamat kepada peserta yang keluar sebagai juara dan tetap belajar dan mengasa bakat dan keterampilan yang dimiliki. Sementara bagi peserta yang belum beruntung tak perlu berkecil hati karena masih ada peluang pada ajang berikutnya untuk ikut kembali.

"Yang namanya berkompetisi ada yang juara dan ada yang tidak. Dam saya percaya bahwa apa yang telah diputuskan tim Yuri merupakan yang terbaik dari sekian peserta yang ikut lomba hari ini," ujar Yusmin.


 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024