Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota(Pemkot) Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar deklarasi pemilihan umum (Pemilu) Damai sebagai bentuk komitmen menjaga keamanan seluruh rangkaian pesta demokrasi tahun 2024.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu di Kendari Selasa, mengatakan bahwa penandatanganan naskah deklarasi Pemilu Damai 2024 bersama Forkopimda merupakan upaya yang diambil untuk melibatkan seluruh unsur agar bersama-sama mewujudkan kondusifitas dan keamanan dalam seluruh tahapan Pemilu 2024.

"Ini dalam rangka untuk mewujudkan keamanan Pemilu 2024," kata Asmawa.

Dia mengungkapkan bahwa dalam deklarasi tersebut, pihaknya juga bersama-sama berkomitmen untuk menciptakan suasana kondusif, baik sebelum, maupun setelah Pemilu dilaksanakan.

"Kami berharap kepada masyarakat Kota Kendari, Forkopimda untuk senantiasa bersama-sama berkolaborasi, bersinergi untuk mewujudkan Pemilu yang bermartabat . Kita mungkin bisa saja berbeda pilihan politik, tetapi kita harus senantiasa bersatu meski berbeda pilihan politik," ungkapnya.

  Pemkot Kendari bersama Forkopimda saat menggelar Pemilu Damai. (Antara/La Ode Muh Deden Saputra)
Asmawa juga menyampaikan bahwa dalam deklarasi tersebut, terdapat beberapa poin yang harus dipatuhi oleh seluruh komponen, yakni menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, kemudian menyukseskan Pemilu 2024 yang bermartabat, berintegritas, jujur, adil, aman, damai, dan demokratis, dan tunduk serta patuh pada peraturan perundang-undangan yang berlaku di NKRI.

"Yang terakhir, yaitu menolak segala bentuk penyebaran hoaks, ujaran kebencian, politik uang, politisasi agama dan etnis," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor Kota(Kapolresta) Kendari Kombes Pol Muhammad Eka Fathurrahman menambahkan bahwa pihaknya bersama-sama dengan TNI-Polri juga berkomitmen untuk bersama-sama menyukseskan seluruh rangkaian Pemilu 2024 mendatang.

"Kami siap untuk mendukung dengan mengamankan pesta demokrasi, dari mulai tahapan pendaftaran hingga verifikasi peserta Pemilu, dan sampai selesai seluruh rangkaiannya," tambah Eka Fathurrahman.

Ia menyebutkan bahwa seluruh jajaran Polresta Kendari selalu siap apabila dibutuhkan dalam pengamanan rangkaian Pemilu 2024.

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024