Kendari (ANTARA) - Kapal Perang Republik Indonesia atau KRI Abdul Halim Perdanakusuma-355 menerima kunjungan pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri (SMKN) 4 dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 7 Kendari di Markas Komando (Mako) Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kendari.

Wadiv Kom KRI AHP-335, Letda Laut (P) Nicko Adhie di Kendari, Rabu mengatakan bahwa kunjungan tersebut dilakukan untuk memperkenalkan dan memberi tahu para siswa terkait dengan sistem kerja KRI Abdul Halikm Perdanakusuma-355, serta merupakan bagian dari implementasi belajar sekolah.

"Yang kami perkenalkan yaitu dari data teknis, bagaimana cara kerja kapal, lalu sistem-sistem di kapal ini apa saja, peralatan senjata, sudah cukup banyak dijelaskan dan terkait fungsi asasi dari kapal ini kita perkenalkan kepada para siswa," kata Nicko Adhie.

Ia mengatakan dalam kesempatan tersebut, para siswa yang berkunjung juga antusias untuk mempelajari dan mencatat apa saja yang disampaikan saat kunjungan ke KRI tersebut. Para siswa yang melakukan kunjungan di KRI Abdul Halim Perdanakusuma-355 di Lanal Kendari. (Antara/La Ode Muh Deden Saputra)

"Saya berharap semoga dari perkenalan dan pembelajaran ini mampu melanjutkan maupun meneruskan untuk menjadi anggota TNI angkatan laut," ujarnya.

Sementara itu, Guru SMAN 4 Kendari Mikyal Pelango menambahkan bahwa kedatangan para siswa tersebut merupakan perintah dan juga program implementasi sekolah yang menjadi pembelajaran untuk bekal mereka kelak.

"Jadi yang kami bawa disini merupakan siswa-siswi kelas 10 maupun 12 dengan tujuan untuk memperkenalkan kapal perang Indonesia dan juga menjadi bekal untuk ekspektasi ke depannya melanjutkan cita-cita mereka menjadi anggota Akmil, Akpol, dan lainnya," tambah Mikyal.

Dia menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan di luar sekolah seperti kunjungan ke KRI Abdul Halim Perdanakusuma-355 itu akan memotivasi para siswa agar bergerak mengambil tindakan yang positif dan mampu menunjang skil maupun kreativitas diri mereka sendiri.

"Tentu ini menjadi motivasi para siswa untuk menjadi lebih baik lagi ke depannya," sebutnya.

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024