KENDARI (ANTARA) - Warga Desa Puusuli, Kecamatan Andowia, Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), masyarakat lingkar tambang menggelar acara syukuran atas kembali beraktivitasnya PT Sumber Bumi Putra (SBP).

Warga Desa Puusuli Arisman saat dihubungi, Kamis, mengatakan bahwa syukuran tersebut dilakukan karena kegiatan pertambangan PT SBP yang notabene telah memperhatikan masyarakat, khususnya di lingkar kawasan pertambangan sempat berhenti beberapa tahun.

"Alhamdulillah, rasa syukur kami panjatkan pada Allah Swt, atas beraktivitasnya PT SBP kembali. Karena hampir 1 tahun 8 bulan lamanya perusahaan berhenti. Syukuran tadi dilangsungkan di mushola," kata Arisman di musala yang telah dibangun perusahaan pada tahun 2021 di Desa Puusuli, Kecamatan Andowia.

Dia mengungkapkan bahwa aktivitas PT SBP di Kecamatan Andowia sangat memberikan manfaat besar dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi di lingkar tambang.

"Kehadiran PT SBP di desanya sangat memberikan dampak positif. Perputaran ekonomi kembali terasa, warga mendapatkan kembali penghasilan tambahan," sebutnya.

Ia membeberkan bahwa beberapa hal yang telah dilakukan PT SBP dalam hal komitmen mengaktualisasikan program coorporate social responsibilty (CSR) sejak tahun 2021 lalu, yakni membangun sarana ibadah, fasilitas umum yang kini telah dimanfaatkan oleh warga setempat, dan memberikan banyak bantuan berupa sembako dan beasiswa bagi para pelajar di daerah tersebut.

"Pembangunan mushala semua murni dari PT SBP. Belum lagi kegiatan-kegiatan sosial lainnya dengan pemberian bantuan beasiswa bagi generasi muda di desa," ungkap Arisman.

Arisman menjelaskan bahwa aktivitas PT SBP sempat terhenti karena beberapa hal, namun informasi yang didapatkan perusahaan tersebut akan kembali melakukan aktivitas dan tentunya akan kembali juga berkontribusi nyata bagi perbaikan dan memberi manfaat di desa-desa lingkar tambang.

"Yang saya dapatkan informasi sudah ada lagi programnya perusahaan. PT SBP akan membantu rehabilitasi pembangunan masjid, bantuan untuk majelis taklim, dan beberapa program sosial. Semoga kegiatan sosial dari PT SBP mendapatkan kemudahan, kehadirannya sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," jelasnya.

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024