Kolaka (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat daerah Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara menggelar rapat paripurna hasil reses masa sidang III di daerah pemilihan masing-masing anggota dewan guna menindaklanjuti aspirasi masyarakat.

Ketua DPRD Kolaka,Syaifullah Halik menjelaskan dalam reses yang dilakukan oleh anggota dewan banyak permintaan masyarakat yang menjadi catatan penting dari pertemuan itu yakni pembangunan infrastruektur serta non infrastruktur.

" Seperti di daerah pemilihan satu meliputi Kolaka dan Latambaga permintaan jalan usaha tani dan perbaikan jalan di beberapa wilayah," katanya.

Begitu juga di dapil dua meliputi Kecamatan Wundulako,Baula dan Pomalaa lanjut dia ada permintaan warga yakni pengaspalan jalan di desa Kowioha serta pembangunan tanggul penahan sungai seluas 800 meter serta permintaan penerangan jalan umum di akses lokasi wisata.

Sementara di Kecamatan Tanggetada warga masyarakat meminta pembangunan jembatan penghubung,pembukaan jalan usaha tani serta pemeliharaan penerangan jalan umum dan pengaspalan jalan di Kecamatan Watubangga.

Renovasi puskesmas pembantu diwilayah desa Tandebura serta bantuan mesin pengolahan minyak kelapa kepada kelompok tani guna meningkatkan produktivitas serta ekonomi masyarakat selain itu lanjut dia warga masyarakat juga meminta pembagian dana CSR perusahaan yang merata.

Untuk Kecamatan Samaturu,Wolo dan Iwoimendaa yang masuk dalam daerah pemilihan IV kata Syaifullah permintaan pembangunan infrstruktur serta non infrastruktur seperti pembangunan rabat beton,abrasi pantai,relokasi pustu dan pembangunan RKB di Kecamatan Samaturu.

Di Kecamatan Wolo warga juga meminta pembangunan pustu di Kecamatan Iwoimendaa serta pembangunan bronjong aliran sungai di Kelurahan Uluwolo,rabat beton jalan usaha tani dan pengadaan lampu jalan.

Selain itu warga masyarakat juga meminta bantuan mesin perahu bagi nelayan,bibit cengkih,pala dan pembangunan masjid Raya di desa Ladahai Kecamatan Iwoimendaa yang merupakan aspirasi masyarakat.

Dalam rapat paripurna itu anggota dewan berharap apa yang menjadi permintaan warga selama melaksanakan reses dapat menjadi perhatian Pemerintah dan di masukkan dalam program pembangunan tahun 2024 sebagai bentuk pertanggungjawaban DPRD.

" Dalam pekan ini kita akan mulai membahas rancangan APBD Kolaka tahun 2024 dan kita menginginkan apa yang menjadi aspirasi bagi masyarakat di semua daerah pemilihan bisa terwujud," ungkap politisi partai Gerindra itu.


 

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024