Kolaka (ANTARA) - Dewan Pewakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kolaka,Sulawesi Tenggara memberikan apresiasi kepada PT.Vale Indonesia dengan melakukan pencanangan persemaian satu juta bibit sebelum melakukan aktivitas pertambangan.

Ketua DPRD Kolaka,Syaifullah Halik mengatakan langkah PT.Vale harus di ikuti oleh perusahaan pertambangan lainnya dimana perusahaan itu melakukan penambangan yang di iringi dengan reklamasi sebagai komitmen PT.Vale dalam memperbaiki lingkungan.

" Kita jadikan ini sebagai pilot projek buat perusahaan-perusahaan pertambangan lainnya di Kolaka," katanya.

Ini merupakan hal yang baru lanjut dia yang harus diberikan support dan bisa menjadi contoh bagi perusahaan lainnya dengan melakukan reklamasi yang berjalan bersamaan dengan aktivitas pertambangan.

Selain itu Syaifuillah juga menjelaskan saat ini pihaknya sudah membuat peraturan daerah terkait pemberdayaan masyarakat lokal khususnya dibidang tenaga kerja lokal bagi seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Kolaka.

" Terkait persoalan ini kita menunggu peraturan Bupati agar segera bisa dilaksanakan," jelas Syaifullah Halik.

Syaifullah juga menjelaskan keberadaan PT.Vale di Kolaka sudah melibatkan beberapa elemen masyarakat lokal sehingga semua aktivitas perusahaan itu berjalan dengan baik dan memang menjadi komitmen perusahaan.


 

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024