KENDARI (ANTARA) - PT Sumber Bumi Putra (SBP) membangun desa di lingkar tambang Desa Puusili, Kecamatan Andowia, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggunakan dana Corporate Sosial Responsibility (CSR) dan dana Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

Kepala Teknik Tambang (KTT) PT SBP Sudrianto melalui keterangan resminya Senin, mengatakan bahwa salah satu komitmen dari berdirinya perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan itu adalah bermanfaat bagi masyarakat, khususnya di lingkar tambang perusahaan tersebut

"Tercatat melalui program  CSR dan PPM, PT SBP sejak awal masuk hingga kini telah beberapa kali melakukan salah satu kewajiban perusahaan terhadap masyarakat," kata Sudrianto.

Ia mengungkapkan bahwa pada 18 Oktober 2021 lalu, PT SBP telah membangun Jembatan Pelangi di Desa Puuwonua yang menghubungkan empat desa, yakni Desa Labungga, Desa Laronanga, Desa Puuwaonua, dan Desa Puusuli yang diresmikan langsung oleh Bupati Konut Ruksamin.

"Selain itu PT SBP juga berkomitmen memberdayakan masyarakat lingkar tambang, dengan mempekerjakan masyarakat dalam perusahaan," sebutnya.

Sudrianto juga menjelaskan bahwa pihaknya juga memfasilitasi masyarakat lingkar tambang untuk ikut pelatihan kerja di BPVP Kendari dan memberikan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi.

"Tak hanya itu, PT SBP juga turut terlibat aktif dalam pembangunan masjid di Desa Puusuli, Kecamatan Andowia, Kabupaten Konut," jelasnya.

Sudrianto menyampaikan bahwa penyaluran dana CSR dan PPM merupakan komitmen perusahaan terhadap masyarakat di lingkar pertambangan.

"Ini komitmen PT. SBP terhadap masyarakat, khususnya masyarakat lingkar tambang," ujarnya.

KTT PT SBP menuturkan bahwa pihaknya juga selalu berkomitmen merespon keluhan dari masyarakat

Ia juga mengungkapkan pihaknya selalu berkomitmen merespon keluhan masyarakat sekitar.

"Perusahaan mesti hadir sebagai solusi khususnya untuk masyarakat lingkar tambang dimana ia beraktivitas," ucapnya.

Sementara itu, Camat Andowia yang diwakili oleh salah satu staf Kecamatan Herman menambahkan bahwa pihaknya sangat berterima kasih atas bantuan PT SBP yang telah berkontribusi untuk masyarakat, khususnya di Kecamatan Andowia.

"Kami sangat berterima kasih atas bantuannya kepada masyarakat, semoga sembako ini bermanfaat bagi masyarakat," tambahnya.
 
 

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024