Kendari (ANTARA) -
Tim Penyelamat Pos SAR Kolaka, Basarnas Kendari mengevakuasi seorang pria bernama Rasfat (30), terjatuh di karang Pantai Marian, Pulau Padamarang, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Usai dievakuasi, korban langsung dibawa ke Rumah Sakit (RS) Benyamin Galuh untuk mendapatkan perawatan medis.

Kepala Basarnas Kendari Muhammad Arafah di Kendari, Minggu, mengatakan bahwa proses evakuasi itu dilakukan karena adanya laporan dari masyarakat yang menyebutkan telah terjadi kondisi membahayakan manusia di Pulau Padamarang pada pukul 09.59 WITA.
 
"Dilaporkan satu orang terjatuh di karang Pantai Marian, Pulau Padamarang," kata Arafah.
 
Berdasarkan laporan tersebut, lanjutnya, Basarnas Kendari memberangkatkan Tim Penyelamat Pos SAR Kolaka menggunakan perahu karet untuk memberikan bantuan SAR terhadap korban pada pukul 10.10 WITA.

"Jarak tempuh lokasi kecelakaan dengan Pos SAR Kolaka sekitar 14,5 mil laut," ujarnya.
 
Ia menyebutkan bahwa setibanya di lokasi kecelakaan, Tim Penyelamat Pos SAR Kolaka langsung mengevakuasi korban dalam keadaan selamat dan dibawa menuju Pelabuhan Nusantara Kolaka.
 
"Selanjutnya korban langsung dibawa menuju RS Benyamin Galuh dengan menggunakan mobil ambulans untuk mendapatkan penanganan medis," sebutnya.
 
Kepala Basarnas Kendari itu mengungkapkan bahwa setelah dievaluasi korban ke RS Benyamin Galuh, pihaknya langsung menutup operasi SAR terhadap satu orang yang terjatuh di karang Pantai Marian, Pulau Padamarang, Kabupaten Kolaka.
 
"Serta seluruh unsur yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing," katanya.
 
Arafah juga membeberkan bahwa jatuhnya korban di karang berawal saat ia bersama keluarganya berekreasi di Pantai Marian, Pulau Padamarang . Namun, saat sedang asyik berekreasi, pada pukul 09.30 WITA, korban terjatuh di karang dan kepalanya terbentur.
 
"Sehingga saat itu juga para keluarga korban dan pengunjung lainnya panik karena korban membutuhkan penanganan medis, sehingga mereka langsung melaporkan kejadian itu kepada Basarnas," kata Arafah.

 

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024