Kendari (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan bagi warga di Desa Saponda Laut,  Kabupaten Konawe.

Wakil Kepala Polda Sultra Brigjen Pol Dwi Iriyanto dalam keterangan resmi yang diterima di Kendari, Rabu, mengatakan kegiatan bakti sosial tersebut bertajuk Sambang Nusa Presisi. Dalam bakti sosial tersebut, pihaknya mengadakan beberapa kegiatan, di antaranya pembagian buku bagi siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Desa Saponda Laut.

"Selain itu, pemeriksaan kesehatan dan pemberian rumpon untuk nelayan di Desa Saponda Laut, Konawe," kata Iriyanto.

Dia mengungkapkan kegiatan Sambang Nusa Presisi itu merupakan implementasi dari program Korps Kepolisian Perairan dan Udara (Korpolairud) Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri terkait dengan pemetaan wilayah di pulau binaan Satuan Polairud Polda jajaran se-Indonesia.

“Dalam kegiatan Sambang Nusa Presisi Polda Sultra melalui Dit Polairud (Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara) melaksanakan bakti sosial berupa pembagian rumpon, pembagian buku, dan pemeriksaan kesehatan yang bekerja sama dengan Biddokes (Bidang Kedokteran dan Kesehatan) Polda Sultra,” ujar Brigjen Pol Dwi Irianto.

Ia berharap dengan diselenggarakannya bakti sosial tersebut, bisa meningkatkan hubungan silaturahim antara jajaran Dit Polairud Polda Sultra dengan masyarakat dan pemerintah setempat.

“Bagi masyarakat nelayan di Saponda Laut untuk tidak lagi menggunakan bom bila mencari ikan, karena akan merusak ekosistem laut, pergunakan rumpon yang sudah diberikan dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Selain bakti sosial, Polda Sultra juga telah menyerahkan bantuan sumur bor dan pompa air di dua desa yang ada di Kabupaten Konawe Selatan. Bantuan itu untuk mengatasi masalah kekeringan air yang dikeluhkan oleh masyarakat di daerah tersebut.

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024