Kendari (ANTARA) - KONI Sulawesi Tenggara menyebut 96 atlet asal provinsi tersebut tercatat telah mengantongi tiket untuk tampil di PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara.

"Untuk sementara, tercatat 96 atlet dinyatakan lolos PON XXI dari 17 cabang olahraga yang telah menggelar Pra PON," ungkap Kepala Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) KONI Sulawesi Tenggara (Sultra) Hardillah Alimudin di Kendari, Kamis.

Menurut Hardillah, jumlah atlet yang akan memperkuat Sultra di PON 2024 dimungkinkan bertambah karena masih ada cabang olahraga lain yang akan menggelar Pra PON pada September hingga November.

"Masih banyak peluang atlet Sultra untuk lolos PON, seperti cabang olahraga dayung, pencak silat, sepak takraw, panahan, panjat tebing, catur, dan tarung derajat.

Dari data terakhir yang masuk ke KONI Sultra, atlet yang meraih tiket PON adalah dari balap sepeda yang meloloskan lima atlet ke PON XXI masing-masing Barita Sugiarto, Al Askar Misera, Adrian Sefadil, Ridwan, dan Michiko Anesthasyah.

"Alhamdulillah, pada Pra PON kali ini lima atlet kami berhasil lolos PON XXI. Hingga usai perlombaan, kondisi atlet sehat walafiat, sementara beberapa atlet dari daerah lain mengalami cedera serius hingga patah tulang akibat terjatuh," tutur Sekretaris ISSI Sultra Herry Ashak yang memimpin langsung tim balap sepeda di Pra PON.

Dari cabang olahraga karate, dua karateka Sultra juga meraih tiket PON dari arena Pra PON di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 25-28 Agustus, yakni karateka putri atas nama Isra Miranti (-55 kg) dan Muhammad Jabar Hamidan yang berlaga di kelas -75 kg.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024