Kendari (ANTARA) - DPRD Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengapresiasi kemajuan program pembangunan daerah yang dijalankan Bupati Konsel Surunuddin Dangga, hampir dua periode terakhir.

"Berdasarkan program-program di tiga tahun terakhir bahkan di dua periode kepemimpinan beliau kita tidak bisa pungkiri. Secara fakta yang ada di lapangan Bupati sukses melaksanakannya," kata Ketua DPRD Konawe Selatan (Konsel) Irham Kalenggo dalam suatu bincang-bincang di Kendari, Senin.

Menurut Politis Partai Golkar itu, Bupati Konawe Selatan sukses membangun daerah disamping juga berhasil menurunkan angka kemiskinan dan mengurangi desa tertinggal.

Dikatakan, program yang dijalankan Bupati Konsel dengan tagline "Desa Maju Konsel Hebat" berhasil mengubah kondisi Konawe Selatan menjadi daerah sedang tumbuh, salah satu indikatornya yaitu angka kemiskinan menurun, disamping pertumbuhan ekonomi masyarakat saat ini jauh lebih meningkat dibanding sebelumnya.

"Fakta yang menunjukkan jika Konawe Selatan terus tumbuh baik dari pembangunan infrastrukturnya maupun pertumbuhan ekonomi masyarakatnya, silakan masyarakat datang ke Konsel melihat langsung fakta perkembangan itu," tutur Irham.

Sebagai lembaga pengawasan, lanjut Irham Kalenggo, DPRD Konsel akan terus memonitoring dalam mendorong kebijakan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, DPRD juga akan selalu mendorong proses percepatan penyusunan dan pembahasan alokasi APBD.

Pada tahun 2015, angka kemiskinan di Konsel mencapai 13,4 persen, namun Bupati Surunuddin berhasil menurunkan hingga di level 11,34 persen pada tahun 2021. Angka kemiskinan itu kembali turun menjadi 11,08 persen pada tahun 2022.

"Berdasarkan data yang diambil dari BPS yakni Konawe Selatan Dalam Angka tahun 2023, dari tahun ke tahun terjadi penurunan angka kemiskinan. Bahkan pada tahun 2018 dan 2019 berada di angka 10 persen namun naik kembali di angka 11 persen karena Pandemi Covid-19," ujar Bupati Surunuddin pada kegiatan ekspose belum lama ini.

Seiring peringatan HUT Ke 78 Kemerdekaan RI yang baru saja diperingati beberapa hari lalu, Irham Kalenggo berharap momen tersebut dapat menjadi spirit baru dalam membangun dan meningkatkan daerah Konawe selatan sesuai dengan tema kemerdekaan tahun ini yakni, "Terus melaju untuk Indonesia maju".

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024