Kendari (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyebutkan sebanyak 61 peserta Program Pemagangan Dalam Negeri direkrut menjadi karyawan tetap tempat para peserta magang.

"Angka perekrutan peserta magang menjadi karyawan di perusahaan patut diapresiasi dan kami harapkan pada tahun mendatang jumlahnya akan lebih bertambah sehingga peluang bagi pencari kerja akan lebih luas dan terbuka," kata Sekretaris Disnakertrans Sultra Hendra Iskandar mewakili Kadis pada acara penutupan Program Pemagangan Dalam Negeri di di Kendari, Selasa.

Ia menyebutkan jumlah peserta yang mengikuti magang tahun 2023 sebanyak 113 orang yang tersebar pada 16 perusahaan dengan berbagai bidang jurusan dan kompetensi. Adapun tujuan magang itu adalah untuk melatih dan membimbing peserta agar paham dan kompeten di bidang masing-masing.

"Jadi kompeten itu diaplikasikan sebagai bekerja dan diberikan sertifikat dan sertifikat pemagangan yang kelak akan berguna," ujar Hendra Iskandar.

Dalam program pemagangan yang telah dilaksanakan, ada hak yang telah diterima peserta magang dan pembimbing. Itu semua, kata dia, bagian dari perhatian pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada perusahaan dan peserta magang.
  Sebanyak 113 peserta magang Program Pemagangan Dalam Negeri (PDN) tahun 2023 Disnakertrans Sultra dan 61 diantaranya diterima menjadi karyawan di perusahaan tempat magang selama 5 bulan. (Foto ANTARA/ Azis Senong)
"Bagi rekan-rekan yang belum diterima dalam perusahaan tidak perlu berkecil hati, karena kewenangan tersebut ada di perusahaan, sesuai hasil dan evaluasi pembimbing. Dan kepada perusahaan yang belum merekrut, bila nanti ada yang dibutuhkan memprioritaskan peserta magang yang sudah memiliki kemampuan dan kompetensi yang tidak perlu diajar dan dibimbing," harapnya.

Panitia Program Pemagangan Dalam Negeri yang juga Analis Kebijakan Muda Bidang Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Sultra, Arman Jaya Saboli, melaporkan dari 61 peserta magang yang direkrut menjadi karyawan di perusahaan itu, ada delapan diantaranya yang mandiri (membuka usaha sendiri), setelah mengikuti proses magang selama lima bulan.

Dari 16 perusahaan yang melakukan pemagangan yakni Hotel Kuba 9, PT Cahaya Mario, CV Anugrah Bahkti, Bengkel Metroriset, PT Sultra Agro, Salon Adira, Penjahit Rina, Institut Saubs Teknologi, Penjahit Vierta, Percetakan Kreatif, Rumah Sakit Aliyah-3, Rumah sakit Aliya-2, Rumah Sakit Aliyah-1, Hotel Azizah Syariah dan RS.Dewi Sartika.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024