Kendari (ANTARA) - Dalam rangka Hari Jadi ke-75 Polwan Republik Indonesia, Polda Sulawesi Tenggara bersama Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia menggelar kegiatan donor darah dan berhasil mengumpulkan 81 kantong darah.

"Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam kegiatan donor darah ini," ujar Kabid Dokkes Polda Sultra, Kombes Pol drg. Ignatius Hendra Arifianto, Sp.KG, di Kendari, Rabu.

Giat donor darah ini dilaksanakan di ruang Aula Dhalas Polda Sultra, dimulai pukul 07.00 WITA hingga selesai. Dalam acara tersebut, terlihat semangat dan antusiasme dari peserta yang terdiri dari berbagai elemen, seperti Bhayangkari, anggota Polri, dan ASN Polri dengan mengusung tema "Polwan siap mendukung Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju".

Menurut Kabid Dokes, peserta yang terlibat dalam kegiatan donor darah ini mencapai 133 orang, terdiri dari 20 orang Bhayangkari, 103 anggota Polri, dan 10 orang ASN Polri namun yang bisa berdonor setelah melalui pemeriksaan medis hanya 81 orang.

"Jadi hasil dari donor darah ini juga menggambarkan semangat kepedulian mereka, dengan rincian golongan darah yang terdonor sebagai berikut: 48 orang dengan golongan darah O, 21 orang dengan golongan darah A, 12 orang dengan golongan darah B, dan 2 orang dengan golongan darah AB. Sementara 50 orang mengalami kondisi batal donor," ujarnya.
  Polisi wanita (Polwan) Polda Sultra saat melakukan aksi donor darah dalam rangka Hari Jadi ke-75 Polwan Republik Indonesia. (Foto ANTARA/HO Humas Polda Sultra) Ia mengatakan, aksi ini tidak hanya menunjukkan semangat kebersamaan dalam memperingati Hari Jadi Polwan ke-75, tetapi juga turut berkontribusi dalam upaya menyelamatkan nyawa melalui persediaan darah yang akan sangat bermanfaat bagi masyarakat

Semangat kepedulian dan kolaborasi ini memberikan makna yang mendalam dalam perayaan Hari Jadi Polwan ke-75 Polda Sultra. Seluruh peserta diharapkan dapat terus menginspirasi dengan tindakan nyata seperti ini, menjadikan momen peringatan ini tidak hanya sebagai acara seremonial semata, tetapi juga sebagai wujud nyata dari semangat pelayanan dan kepedulian terhadap sesama pada hari jadi Polwan ke-75 akan dilaksanakan tepat 1 September 2023.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024