Kendari (ANTARA) - Sebanyak 41 wartawan dari berbagai media cetak, online dan elektronik ikut dalam sosialisasi "MediaMIND 2023", dalam rangka kompetisi jurnalistik tahunan yang digelar oleh "holding" pertambangan BUMN PT Mineral Industri Indonesia atau MIND ID bekerja sama dengan Perum LKBN ANTARA, yang digelar di Kota Kendari, Kamis.

Sosialisasi yang dihadiri Corporate Communication Manager PT Antam Tbk, Arifah Dewi Mashitoh dan  Corporate Communication MIND ID Pratiwa Dyatmika keduannya sebagai nara sumber dan dari LKBN Antara  Andes Lukman dan Maha Eka Swasta serta hadir Kepala Biro Antara Sulawesi Tenggara Hernawan Wahyudono.

Arifah Dewi saat memberi pengantar terkait perusahaan Antam sebagai perusahaan BUMN mengatakan, banyak potensi yang bisa dijadikan acuan bagi para jurnalisakan untuk membuat artikel dalam memberi informasi terkait kinerja serta keberhasilan yang telah dilakukan di perusahaan itu.

"Silahkan teman-teman jurnalis untuk menulis apa yang menurut anda dapat memberi edukasi kepada masyarakat tentang Antam sebagai perusahaan yang tidak hanya mengolah dan mempropduksi nikel tetapi juga emas dan bauxsite," ujarnya.

Sementara Pratiwa Dyatmika dari MIND ID, mengatakan kemampuan para jurnalis di Kota Kendari dan Sulawesi Tenggara pada umumnya untuk dapat bersaing menghasilkan produk jurnalistik yang baik terbuka luas.

"Saya yakin melalui MediaMIND 2023, para pewarta di Kota Kendari dan Indonesia pada umumnya dapat memberikan edukasi kepada masyarakat soal program-program pemerintah yang dilakukan oleh MIND ID," ujarnya.

Sementara dari tim LKBN Antara Andes Lukman mengatakan lomba jurnalistik yang disponsori dari lima perusahaan yang bergerak pada sektor mineral itu (Antam, Inalum, Bukit Asam, Freeport Indonesia dan Timah) yang di gela MIND ID sudah yang kedua kalinya.

"Kalau pada tahun sebelumnya karya-karya Jurnalistik yang dihadiakan Rp170 juta, maka tahun 2023 ini disediakan hadia sebesar Rp300 juta," ujarnya seraya menambahkan sosialisasi MIND ID tahun ini pada lima daerah yakni Medan Sumatera Utara, Kendari Sulawesi Tenggara, Palembang Sumatera Selatan, Surabaya Jawa Timur dan terakhir DKI Jakarta.
  Suasana sosialisasi "MediaMIND 2023", dalam rangka kompetisi jurnalistik tahunan yang digelar oleh "holding" pertambangan BUMN PT Mineral Industri Indonesia atau MIND ID bekerja sama dengan Perum LKBN ANTARA, diikuti sebanyak 41 wartawan dari berbagai media cetak, elektronik dan online di Kendari, Kamis. (Foto ANTARA/Azis Senong)  
Ia juga menambahkan, MediaMIND 2023 dengan tema "Memberi Nilai Tambah untuk Indonesia" dimulai dari pengumpulan karya jurnalistik pada periode 24 Juli-14 September 2023. 

Semua produk jurnalistik yang dikirimkan peserta wajib memenuhi empat subtema meliputi Industri, yang berkaitan dengan teknologi dan inovasi grup MIND ID serta proyek strategis MIND ID kemudian ke dua terkait komoditas, berkaitan dengan produksi grup MIND ID dan hilirisasi, ketiga tentang ekonomi dan bisnis, berkaitan dengan kinerja keuangan, sumbangsih grup MIND ID untuk ekonomi nasional, sumbangsih grup MIND ID untuk ekonomi daerah dan ke empat terkait  ESG (Environmental Social Governance), berkaitan dengan "sustainability" dan tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL).


 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024