Kendari (ANTARA) - Pangkalan Angkatan Laut atau Lanal Kendari menggelar turnamen voli pantai untuk menjaring bibit-bibit atlet voli di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Komandan Lanal (Danlanal) Kendari Kolonel Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari, SE., M.Tr.Opsla di Kendari Rabu, mengatakan bahwa turnamen voli pantai tersebut akan digelar selama lima hari, dimulai pada 2 hingga 6 Agustus 2023.

Ia menyampaikan bahwa turnamen tersebut akan digelar di Markas Komando (Mako) Lanal Kendari dan diikuti oleh sebanyak 32 tim yang terdiri dari 20 tim putra dan 12 tim putri.

"Semuanya ada 32 tim, 20 tim putra dan 12 tim putri," kata Abdul Kadir.

  Suasanan pertandingan voli pantai di Lanal Kendari. (Antara/La Ode Muh Deden Saputra)
Danlanal Kendari itu menyebutkan bahwa turnamen voli pantai tersebut juga digelar dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Lanal Kendari yang ke-42.

"Sekaligus juga untuk memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI)," jelasnya.

Abdul Kadir menyebutkan bahwa selain itu, turnamen voli pantai tersebut juga bertujuan untuk menjaring dan membina bibit-bibit atlet yang potensial di wilayah Bumi Anoa ini.

"Karena selama ini, untuk olahraga yang lain kan sudah ada, namun untuk voli pantai ini sangat langkah, mengingat Provinsi Sulawesi Tenggara merupakan provinsi kepulauan, jadi kita perlu mengembangkan voli pantai ini," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Konawe Utara Ruksamin mengapresiasi langkah Lanal Kendari yang menjaring bibit-bibit atlet dengan mengadakan turnamen voli pantai di Mako Lanal Kendari.

"Karena kegiatan ini bukan hanya mencari siapa yang juara, tetapi juga sekaligus kita mencari bibit-bibit yang bakal nanti bisa mewakili Sulawesi Tenggara di ajang-ajang yang lebih tinggi lagi nanti," sebut Ruksamin.

Selain itu, Ruksamin juga menjelaskan bahwa dengan diadakannya turnamen tersebut, bisa menjalin tali silaturahim yang lebih erat lagi antara para pemain atau atlet voli pantai tersebut.

Tak lupa, dia juga mengimbau agar seluruh peserta voli pantai tersebut agar menjunjung tinggi sportifitas dan memberikan permainan terbaik.

"Karena bukan hanya pemain yang menikmati itu, tetapi penonton jauh lebih menikmati di antara mereka sementara main," ungkapnya.
 
 

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024