Kendari (ANTARA) - Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara Asrun Lio menginstruksikan seluruh kantor organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemprov Sultra mengibarkan Bendera Merah Putih selama Agustus 2023.

Sekda Asrun Lio di Kendari, Selasa, mengatakan pihaknya telah melakukan rapat bersama dan mengeluarkan instruksi tersebut kepada seluruh OPD Pemprov Sultra.

"Kemarin kita sudah rapat panitia dan kemudian mengeluarkan instruksi kepada seluruh OPD agar mulai tanggal 1 Agustus 2023, hari ini," katanya.

Instruksi terkait dengan perayaan HUT Ke-78 RI di daerah setempat, katanya, juga tentang penggunaan logo atau atribut perayaan itu yang harus sama oleh seluruh OPD.

"Semua logo-logo yang terkait dengan perayaan dan peringatan HUT Indonesia yang ke-78 ini kita menggunakan logo dan tema yang sama," kata dia.

Dia menyampaikan dalam instruksi tersebut juga menginformasikan kepada seluruh OPD agar mengibarkan Bendera Merah Putih dan umbul-umbul, mulai 1 hingga 31 Agustus 2023.

"Bendera dan umbul-umbuk mulai dikibarkan mulai hari ini (1/8) sampai dengan akhir Agustus, dan itu semua instruksi yang sama dikeluarkan," kata Asrun Lio.

Menteri Sekretariat Negara Pratikno mengimbau seluruh masyarakat Indonesia melalui Surat Menteri Sekretariat RI Nomor: B-523M/S/TU.00.04/06/2023 tentang Penyampaian Tema, Logo, dan Partisipasi Menyemarakkan Peringatan HUT Ke-78 RI Tahun 2023.

Dalam surat tersebut, Menteri Pratikno mengimbau seluruh masyarakat memasang dekorasi, umbul-umbul, poster, spanduk, baliho, atau hiasan lainnya di lingkungan masing-masing secara serentak. 

Selain itu, mengibarkan Bendera Merah Putih secara serentak di lingkungan masing-masing mulai 1 hingga 31 Agustus 2023.n

Selain itu, pada 17 Agustus 2023, pukul 10.17-10.20 WIB (tiga menit), menghentikan semua kegiatan, berdiri tegap saat lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan secara serentak di berbagai lokasi dan daerah, untuk menghormati peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI.
 

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024