Kendari (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia atau KONI Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi melepas kontingen balap motor untuk berlaga di Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) 2023 di Sirkuit Sentul, Provinsi Jawa Barat.

Ketua Harian Pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi Sultra Muchtar Syahrir di Kendari Minggu, mengatakan bahwa dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga melepas kontingen grass track yang bersama-sama akan melaksanakan kualifikasi Pra PON cabang olahraga balap motor di Jawa Barat pada tanggal 24 hingga 30 Juli 2023.

"Mereka (kontingen balap motor Sultra) akan mengikuti Pra PON di Sirkuit Sentul di Jawa Barat untuk kualifikasi PON nanti," kata Muchtar.

Dia mengungkapkan bahwa dalam Pra PON tersebut, pihaknya menurunkan pembalap untuk mengikuti empat kelas balapan, yakni balap motor per orangan dan beregu senior, serta kelas grass track perorangan dan beregu.

Muchtar menyebutkan untuk cabang olahraga balap motor di Pra PON Jawa Barat, pihaknya mengirim sebanyak delapan orang atlet balap motor dari Bumi Anoa.

"Tim balap motor Sultra diperkuat delapan atlet yang merupakan atlet terbaik yang dimiliki Sulawesi Tenggara," ujar Muchtar.

Ketua Harian Pengurus IMI Sultra itu menyampaikan bahwa pihaknya optimis untuk tim balap motor asal Bumi Anoa tersebut dapat lolos di empat kelas yang diikuti tersebut.

Sementara itu, Ketua Bidang Organisasi KONI Sultra Elvis Basri Uno menambahkan bahwa pelepasan atlet yang akan berlaga di Pra PON Jawa Barat itu merupakan bentuk kepedulian KONI Sultra dalam mendukung perjuangan para atlet di Bumi Anoa yang akan mengikuti ajang kualifikasi tingkat nasional.

Dia berharap kepada para atlet cabang olahraga balap motor yang dikirim ke Jawa Barat itu bisa memberikan penampilan terbaik dan membanggakan nama daerah.

"KONI Sultra berharap para atlet balap motor Sultra dapat memberikan penampilan terbaik pada pra-kualifikasi sehingga dapat lolos di Pra PON dan berhasil menyumbang medali pada PON ke-21 Aceh, Sumatra Utara," tambah Elvis.

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024