Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota Kendari di Provinsi Sulawesi Tenggara menata area sekitar Kali Kadia di Jalan Antero Hamra, Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia.

Penjabat Wali Kota Kendari Asamawa Tosepu di Kendari, Jumat, menyampaikan bahwa organisasi perangkat daerah bersama pemerintah kecamatan dan kelurahan melakukan pembersihan area Kali Kadia setelah para pedagang secara mandiri membongkar lapak mereka di area tersebut.

"Alhamdulillah dengan kesadaran tinggi sudah selesai, kemudian nanti akan kita lanjutkan dengan pembangunan dan penataan Kali Kadia ini," katanya.

Dia mengatakan bahwa pemerintah kota selanjutnya ingin menjadikan area Kali Kadia sebagai ruang terbuka hijau.

"Ini cita-cita bersama kami di Pemerintahan Kota Kendari, dan alhamdulillah mendapatkan juga dukungan dari berbagai stakeholder (pemangku kepentingan), Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah), dan masyarakat," katanya.

Asmawa meminta warga mendukung upaya Pemerintah Kota Kendari menata area Kali Kadia dan menjadikannya sebagai ruang terbuka hijau (RTH).

"Saya mohon dukungan kepada seluruh warga. Mari sama-sama kita bangun Kali Kadia ini sebagai salah satu RTH di Kota Kendari ini," katanya.

Dia berharap Ruang Terbuka Hijau Kali Kadia nantinya bisa menjadi pusat kegiatan masyarakat serta ikon kota.

Satuan Polisi Pamong Praja Kota Kendari telah menertibkan pedagang yang biasa berjualan di bahu jalan di sekitar Kali Kadia pada Sabtu (1/7) serta menyosialisasikan rencana pemerintah kota untuk menata area tersebut kepada para pedagang.
 


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024