Palembang (ANTARA) - Kampung Keluarga Berencana (KB) Dahlia, Desa Tanggeau, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil menjadi juara harapan I Kompetisi Menu Bergizi Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) tingkat nasional 2023 yang diselenggarakan BKKBN Pusat.

Penghargaan diberikan kepada Kampung KB Dahlia dalam acara Apresiasi dan Penghargaan Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan stunting dalam Rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 30 tahun 2023 pada salah satu hotel ternama di Palembang, Selasa.

Kepala BKKBN Sultra, Asmar, mengatakan bahwa sebelumnya ada enam kampung KB se Indonesia yang masuk nominasi dalam kompetisi tersebut terbaik adalah Kampung KB Assamaturu Sulawesi Selatan, Kampung KB Dahlia Sulawesi Tenggara, Kampung KB Generasi Berkarya Nusa Tenggara Barat, Kampung KB Lembah Murai Kalimantan Barat, Kampung KB Maguwoharjo Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kampung KB Sukses Kepulauan Riau.

"Alhamdulillah, Kampung KB Dahlia asal Sultra menjadi juara harapan I," kata Asmar.

Asmar mengatakan, dalam mengikuti kompetisi tersebut, Kampun KB Dahlia mempersembahkan tiga menu kreasi yakni menu kreasi “Puding Kelor”, “Bola-bola Ikan” dan “Naget Tahu”.

“Tiga kreasi menu makanan bergizi tersebut yang menjadi menu andalan yang disuguhkan kepada dewa juri dalam penilaian pada babak akhir lomba yang dilaksanakan secara virtual siaran langsung,” katanya.

Menurutnya, kader Dashat Kampung KB Dahlia tersebut, memasak menu kreasi bergizi dengan menggunakan bahan baku yang mudah dan murah didapat, kreasi menu ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada orang tua khususnya yang memiliki anak balita dalam memberikan makanan yang beragam yang memiliki kandungan gizi yang baik bagi pertumbuhan si buah hati atau bayi baduta, Ibu hamil, Catin.

Dijelaskan, menu kreasi ‘Puding Kelor’ dimana bahanya sangat banyak didapat didaerah tersebut karna dianjurkan setiap rumah menanam kelor, kemudian Menu kreasi ‘Bola-bola Ikan’ dimana ada kerja sama dengan dinas perikana melepas mujair dan lele, dan menu kreasi ketiga adalah “Naget Tahu” juga bahannya mudah didapatkan.

Untuk diketahui berdasarkan rekapitulasi peserta kompetisi menu bergisi Dashat tahun 2023 terdapat 148 kampung KB dari 24 provinsi. Khusus di Sultra terdapat dua kampung KB yang mewakili yakni Kampung KB Dahlia Kolaka dan kampung KB Jabal Nur Kabupaten kolaka Utara.

Juara I dalam kompetisi ini adalah Kampung KB Generasi Berkarya NTB, juara II Kamping KB Maguwoharjo DI Yogyakarta, Juara III Kampung KB Sukses Kepulauan Riau, Harapan I Kampung KB Dahlia Sulawesi Tenggara, Juara Harapan II Kampung KB Lembah Murai Kalimantan Barat dan Harapan III Kamoung KB Assamaturu Sulawesi Selatan.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024