Kendari (ANTARA) - Puluhan warga di kecamatan Wundulako Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) meminta kepada anggota  DPRD setempat untuk memperhatikan perbaikan jalan di wilayahnya terutama untuk akses peningkatan jalan usaha tani.

Anggota DPRD dari partai PKS, Firlan Alimsyah dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa,  mengatakan pihaknya akan mengakomodasi  permintaan warga tentang peningkatan jalan usaha tani dan akan dibawa ke rapat paripurna untuk pembahasan lebih lanjut.

"Aspirasi warga ini kita akan bawa dan disampaikan kepada pemerintah semoga bisa masuk dalam APBD yang akan datang," katanya.

Selain itu lanjut Firlan warga juga mempertanyakan mengenai penerimaan tenaga kerja di PT.Vale dan pelatihan ketenagakerjaan oleh perusahaan itu yang bekerja sama dengan pihak pemerintah kelurahan dan desa.

Warga Desa Watalara kata dia mempertanyakan ketidakterbukaan informasi mengenai pelatihan yang dilaksanakan oleh PT.Vale dan penerimaan lapangan pekerjaan.

"Pelatihan yang dilakukan PT.Vale bersama Pemerintah Desa dan kelurahan untuk meningkatkan sumber daya manusia dilakukan secara bertahap dan tidak semua warga harus diakomodir," ungkap Ketua Bappilu partai PKS Kolaka itu.

Pihak Pemerintah kata dia saat ini sudah memberikan yang terbaik kepada masyarakat dengan membuka beberapa pelatihan-pelatihan keterampilan secara gratis untuk meningkatkan sumber daya manusia.

Seperti yang dilakukan balai pelatihan kerja (BLK) lanjut dia membuka peluang kepada warga pencari kerja dengan membuat pelatihan komputer dan pelatihan operator alat berat.
 

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024