Kendari (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari membentuk generasi muda yang cinta bahari dan kemaritiman melalui Pemilihan Putra Putri Maritim (PPMI) se-Sulawesi Tenggara.

Komandan Lanal Kendari Kolonel Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari di Kendari, Ahad, mengatakan saat ini sebanyak 46 generasi muda perwakilan dari 17 kabupaten/kota seluruh Sulawesi Tenggara sedang mengikuti ajang Pemilihan Putra Putri Maritim (PPMI) di Lanal tersebut.

"Pemilihan ini juga sebagai wadah yang memberikan kesempatan kepada pemuda-pemudi Indonesia untuk mempromosikan pariwisata kelautan Indonesia," katanya.

Kolonel Mulku menyampaikan puluhan peserta tersebut yang cinta bahari dan kemaritiman Indonesia akan mendapatkan edukasi tentang potensi sumber daya laut hingga cara pemanfaatan yang baik bagi generasi berikutnya.

"Selain itu, edukasi tentang pemanfaatan kekayaan laut Indonesia guna memajukan sektor ekonomi kemaritiman yang juga perlu digalakkan ke masyarakat maritim Indonesia," ujar dia.

Dia menerangkan ajang Pemilihan Putra-Putri Maritim Indonesia merupakan kontes pencarian duta kemaritiman yang berasal dari pemuda-pemudi Indonesia termasuk dari wilayah Sulawesi Tenggara.

"Untuk itulah perlu dipilih duta yang handal untuk menumbuhkan jiwa kemaritiman masyarakat Indonesia terlebih lagi kepada generasi muda," ucap Kolonel Mulku.

Menurut komandan Lanal Kendari itu, putra-putri maritim Indonesia juga berperan menggugah semangat pemuda Indonesia untuk mengembalikan kejayaan maritim Indonesia.

"Hal tersebut sejalan dengan visi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia," tutur Kolonel Mulku.*

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024