Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan kegiatan panen perdana di kebun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Sekretariat DPRD Kabupaten Bombana, Sultra.

Pelaksanaan panen perdana tersebut dilaksanakan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Bombana  H. Burhanuddin yang didampingi oleh Pj Ketua TP PKK Fatma Kasim Marewa bersama rombongan Pemkab Bombana.

Burhanuddin melalui keterangan resminya Selasa, mengatakan bahwa panen perdana tersebut merupakan hasil dari tindak lanjut program "Satu Hektar Satu OPD" yang merupakan salah satu upaya Pemkab Bombana dalam menekan laju inflasi di daerah dan menjaga kebutuhan bahan pokok di Kabupaten Bombana tetap stabil.

"Dengan harapan pangan yang dikonsumsi masyarakat merupakan hasil dari produksi sendiri yang dihasilkan oleh para petani--petani Bombana yang secara tidak langsung bisa menjaga ketahanan pangan, serta meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten Bombana," kata Burhanuddin.

Burhanuddin juga memberikan apresiasi atas kinerja Sekretariat DPRD Bombana yang telah mengimplementasikan program satu hektar satu OPD yang dicanangkannya.

Dia berharap agar hal tersebut menjadi contoh bagi OPD lainnya bahkan bisa lebih baik lagi dengan menanam jenis tanaman yang lebih beragam

Sementara itu Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Bombana Kalvarios Syamruth, mengungkapkan bahwa panen perdana tersebut dilakukan di kebun Sekretariat DPRD Kabupaten Bombana dengan luasan sekitar satu hektare.

Ia menyebutkan bahwa lahan tersebut tadinya merupakan lahan tidur dan kemudian dikelola dengan menggandeng para petani, sehingga menghasilkan berbagai jenis tanaman yang memiliki nilai jual yang dapat menambah pendapatan petani.

"Semuanya bisa merasakan hasil dari panen perdana itu, terlebih lagi untuk petani," ujarnya.

Diketahui, Pj Bupati Bombana Burhanuddin bersama dengan masing-masing OPD  mengelola lahan tidur yang cukup banyak di Kabupaten Bombana untuk ditanami dengan berbagai jenis tanaman hortikultura.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024