Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari memprakirakan hampir semua wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah cerah berawan kecuali wilayah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) berpotensi hujan ringan.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim BMKG Kendari Faizal Habibie dalam keterangan tertulis yang diterima di Kendari, Senin, mengatakan berdasarkan prakiraan ada beberapa wilayah Sultra berawan tebal dan potensi hujan pun diperkirakan masih terjadi.

"Prediksi BMKG potensi terjadi hujan ringan di Kolaka Utara untuk dua hari ke depan dengan intensitas dan durasi yang berbeda-beda," ujarnya.

Menurut Faizal, suhu muka laut di perairan wilayah kabupaten maupun kota dapat meningkatkan penguapan dan massa udara basah lapisan rendah dan Indeks labilitas sedang hingga kuat skala lokal terkonsentrasi di sebagian wilayah Sulawesi Tenggara.

"Jadi faktor-faktor tersebut menyebabkan terjadinya potensi pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Sulawesi Tenggara yang akan memicu terjadi hujan kembali," ujarnya.

Adapun suhu udara: 23 - 33 derajat celsius dengan kelembaban udara 60 - 95 persen serta angin bertiup dari timur - selatan rata-rata per 2 - 20 kilo meter per jam.*

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024