Kendari (ANTARA) - Penjabat Bupati Bombana, Sulawesi Tenggara,  Burhanuddin melakukan panen perdana cabai dan beberapa tanaman perkebunan lainnya sebagai tindak lanjut program "satu hektare satu OPD" yang sudah dicanangkan.

Rilis Humas Pemkab Bombana yang diterima, Sabtu, menyebutkan Pj Bupati Bombana Burhanuddin di dampingi ketua TP PKK Kabupaten Bombana, Fatmawati Kasim Marewa, mengapresiasi pihak Organisasi Perangkat daerah (OPD) Sekertaris DPRD Bombana yang telah membuktikan menghasilkan tanaman perkebunan yang banyak dicari masyarakat.

"Ini sangat luar biasa yang telah dilakukan salah satu OPD. Semoga OPD-OPD lainnya bisa mengikutinya dan tentu akan memberi dampak positif dalam menekan laju inflasi daerah," ujar Burhanuddin.  

Panen perdana di kebun OPD Sekretariat DPRD Kabupaten Bombana itu terlat di Kelurahan Poea Kecamatan Rumbia Tengah, merupakan lahan milik masyarakat yang merupakan lahan tidur yang kemudian dikelola dengan baik dengan melibatkan beberapa petani sekaligus sebagai pemilik lahan.

Panen perdana yang dilakukan tersebut adalah hasil dari tindak lanjut program Pj. Bupati "Satu Hektar Satu OPD" yang merupakan salah satu upaya dari Pj. Bupati untuk menekan laju inflasi daerah dan menjaga harga kebutuhan pokok agar tetap stabil.

”Dengan harapan pangan yang dikonsumsi masyarakat merupakan hasil dari produksi sendiri yang dihasilkan oleh para petani-petani Bombana yang secara tidak langsung bisa menjaga ketahanan pangan serta meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten Bombana,” ujar Burhanuddin

Sementara itu, Sekwan DPRD Bombana, Kalvarios Syamruth, menerangkan bahwa lahan yang memiliki luas kurang lebih satu hektar tersebut,  tadinya merupakan lahan tidur yang kemudian dikelola dengan baik dengan menggandeng para petani hingga menghasilkan berbagai jenis tanaman yang memiliki nilai jual yang dapat menambah pendapatan petani itu sendiri. 

Diketahui bersama, masing-masing OPD diminta untuk mengelola lahan tidur yang cukup banyak di Kabupaten Bombana untuk ditanami dengan berbagai jenis tanaman hortikultura.

Pj Bombana Burhanuddin memberikan apresiasi atas kinerja Sekretariat DPRD Bombana yang telah  mengimplementasikan program satu hektar satu OPD yang di canangkannya. Beliau berharap agar hal tersebut menjadi contoh bagi OPD lainnya bahkan bisa lebih baik lagi dengan menanam jenis tanaman yang lebih beragam.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024