Kendari (ANTARA) - Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari Prof. Muhammad Zamrun Firihu memberikan bonus berupa uang tunai kepada seorang mahasiswi peraih medali perunggu cabang olahraga sepak takraw pada ajang SEA Games Kamboja.

“Bonus ini merupakan penghargaan dari kampus karena sudah mengharumkan nama Indonesia terkhusus Universitas Halu Oleo,” kata Zamrun Firihu dalam keterangan tertulis yang diterima di Kendari, Senin.

Bonus senilai Rp10 juta itu diserahkan langsung oleh Zamrun kepada mahasiswi bernama Fitrah Siu di gedung Rektorat Universitas Halu Oleo.

Rektor dua periode itu menuturkan, bonus yang diberikan kepada Fitrah merupakan bentuk perhatian dan penghargaan bagi mahasiswa berprestasi di perguruan tinggi tersebut.

Fitrah Siu merupakan mahasiswi asal Desa Watumelaa, Kecamatan Lawa, Kabupaten Muna Barat, yang mewakili Indonesia pada cabang olahraga sepak takraw di SEA Games Kamboja 2023.

Selain itu, Zamrun menuturkan pihaknya juga akan menggratiskan iuran Uang Kuliah Tunggal (UKT) atau Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP) kepada mahasiswi jurusan Penjaskes-Rek tersebut hingga selesai kuliah.

Namun, belakangan setelah dicek peraih medali perunggu itu sudah terdaftar sebagai penerima salah satu beasiswa di Universitas Halu Oleo.

“Kami awalnya ingin memberikan gratis SPP hingga selesai. Tetapi ternyata Fitrah Siu ini penerima beasiswa KIP (Kartu Indonesia Pintar),” ujar Zamrun.

Zamrun berharap prestasi yang ditorehkan Fitrah Siu bisa terus dikembangkan dan dipertahankan.

“Semoga yang didapatkan ini semakin baik ke depan. Tetapi Fitrah Siu harus memperhatikan kuliahnya sebab prestasi olahraga dan prestasi di kampus haruslah seimbang,” ujar Zamrun.

Meski begitu, ia berharap Universitas Halu Oleo bisa menghasilkan atlet-atlet berprestasi yang membanggakan nama, daerah, bangsa, ataupun universitas di level internasional.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024