Kendari (ANTARA) - Bupati Konawe Utara Ruksamin resmi melepas sebanyak 34 calon jamaah haji asal Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk melaksanakan ibadah menuju Makkah.

Ruksamin melalui keterangan resminya Kamis, mengatakan bahwa calon jamaah haji asal Kabupaten Konawe Utara sebanyak 34 orang, terdiri dari 10 orang laki-laki dan 24 perempuan yang rencananya akan diberangkatkan dari Bandar Udara Halu Oleo, pada Jumat (9/6) menggunakan pesawat Lion Air menuju bandara Sultan Hasanuddin dan langsung menuju Embarkasi Makassar di Sudiang.

Ia menyampaikan bahwa para calon jamaah haji tersebut akan terbang menuju Arab Saudi pada Sabtu (10/6) dengan menggunakan pesawat Airbus 330 Seri Garuda Indonesia yang direncanakan akan mendarat di Bandara Internasional Jedah, pada Minggu (11/6).

"Ibadah haji ini adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh para jamaah untuk menunaikan rukun islam yang ke-5," kata Ruksamin.

Dia mengungkapkan bahwa ritual haji juga mengajarkan pengorbanan dan keikhlasan yang diharapkan nilai-nilai ini dapat diambil menjadi contoh untuk selanjutnya diterapkan dalam kehidupan, baik secara pribadi maupun dalam keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara.

“Kepada seluruh jamaah calon haji Konut tahun 1444 H/2023 M, saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji seraya mendoakan semoga memperoleh haji mabrur. Untuk memperoleh haji mabrur, harus diawali dengan niat yang tulus dan diikuti dengan melaksanakan seluruh rangkaian manasik haji sesuai dengan cara yang diajarkan oleh Allah dan Rasul-Nya,” ujarnya.

bupati Konawe Utara itu juga mengimbau kepada seluruh calon jamaah haji agar selalu melaksanakan ibadah haji dengan benar, menghormati aturan, dan budaya yang berlaku di Arab Saudi. 

"Dan para jamaah juga agar menjauhi tindakan-tindakan yang tidak terpuji selama melaksanakan ibadah haji," ungkapnya.

Selain itu, Ruksamin juga memberikan dukungan berupa dana pengganti tiket kepada seluruh calon jamaah haji asal Kabupaten Konawe Utara sebesar Rp1,5 juta kepada masing-masing jamaah. Dana tersebut bersumber dari uang pribadi Bupati Konawe Utara.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024