Kendari (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi berharap Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang baru menjabat di daerah tersebut dapat bersinergi dengan pemerintah setempat dalam mewujudkan pembangunan khususnya di bidang pertanahan.

“Saya berharap ke depan Kepala BPN Sultra yang baru Bapak Dr. Asep Heri dapat menjadi bagian penting dalam mewujudkan kemajuan pembangunan daerah Sulawesi Tenggara yang menyejahterakan masyarakat, sekaligus mewujudkan maju menuju masa depan Indonesia,” kata dia saat pisah sambut Kepala BPN Sultra di Kendari, Kamis.

Kepala Kantor Wilayah BPN Sultra resmi berganti dimana jabatan Kepala Kanwil Badan Pertanahan Nasional Sulawesi Tenggara yang sebelumnya dijabat Andi Renald kini digantikan oleh Asep Heri yang berasal dari Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Gubernur Ali Mazi berharap Asep Heri bisa beradaptasi dengan wilayah Sulawesi Tenggara yang memiliki keunikan tersendiri, karena wilayahnya bercirikan kepulauan dengan karakteristik masyarakat yang plural dalam kemajemukan suku, bahasa, budaya, adat istiadat, agama dan struktur sosial ekonomi masyarakat.

Menurut Ali Mazi, kondisi tersebut tentu akan menjadi tantangan tersendiri dalam melaksanakan tugas di daerah ini. Namun, dia meyakini bahwa komitmen pengabdian dan berbagai pengalaman tugas yang dimiliki Asep Heri dapat menggapai kesuksesan dalam pelaksanaan tugas sebagai Kepala BPN Sultra bersinergi dengan pemerintah setempat dalam membangun daerah.

“Kami berharap Bapak Asep Heri dapat melanjutkan program dan kegiatan yang selama ini dibangun oleh pejabat lama, atau dapat membuat terobosan baru lainnya di bidang pertanahan dan penataan ruang sesuai amanat peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Ali Mazi.

Ali Mazi juga memberikan apresiasi kepada Andi Renald kepala BPN lama. Menurutnya Andi Renald adalah salah satu ASN di lingkup Bumi Bhakti Adiguna yang dianggap berhasil dalam karir maupun dalam mengemban amanah memimpin Kanwil Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sulawesi Tenggara.

Ali Mazi menilai, BPN Sultra di masa kepemimpinan Andi Renald memiliki kinerja yang sangat baik, sehingga mendukung pelaksanaan program strategis nasional dan berkontribusi besar terhadap program-program strategis Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara di bidang pertanahan dan penataan ruang seperti keberhasilan beberapa pengadaan tanah untuk kepentingan masyarakat, dan penyelamatan aset-aset pemerintah daerah.

“Penghargaan atas prestasi dalam kesuksesan penerbitan Sertifikat Hak Atas Tanah di atas perairan sebagai yang pertama kali di Indonesia terhadap masyarakat tradisional suku Bajo untuk peningkatan kesejahteraan, pada acara Puncak GTRA Summit Wakatobi Tahun 2022, yang diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo,” kata Ali Mazi.

Selain itu, Ali Mazi juga memberikan penghargaan terhadap Andi Renald atas prestasi dalam kesuksesan menginisiasi perolehan aset tanah Badan Bank Tanah di Kabupaten Buton sebagai yang pertama kali di Indonesia perolehan tanahnya berasal dari pelepasan kawasan hutan.

Sementara itu Kepala BPN Sultra Asep Heri mengatakan bahwa pihaknya siap bersinergi dengan pemerintah provinsi setempat, dimana dalam mendukung pembangunan di Sulawesi Tenggara, pihaknya akan mengupayakan sistem pelayanan elektronik

Ia mengaku bahwa langkah tersebut dinilai sebagai kemajuan bagi Badan Pertanahan Nasional Sulawesi Tenggara termasuk mempermudah pelayanan bagi  masyarakat.

“Ada dua kota yang akan menjadi layanan elektronik. Untuk kawasan timur kita pastikan Sulawesi Tenggara satu-satunya provinsi yang akan melaksanakan secara utuh dan menyeluruh layanan elektronik,” kata Asep Heri.


Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024