Kendari (ANTARA) - Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kendari melakukan operasi pencarian terhadap seorang nelayan yang dilaporkan hilang saat melaut di perairan Teluk Lande di Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara.

Pelaksana Tugas Kepala Basarnas Kendari Hidayat dalam keterangan di Kendari, Jumat malam mengatakan korban bernama La Wane (53), dilaporkan hilang saat menjaring ikan di perairan tersebut.

"Kami menerima informasi dari Bapak Syawal yang merupakan Kepala Bidang BPBD Bunton Selatan yang melaporkan telah terjadi satu orang nelayan yang belum kembali dari melaut diduga hilang di sekitar Perairan Teluk Lande," katanya.

Hidayat menyampaikan usai menerima laporan tersebut, Tim Penyelamat Pos SAR Baubau diberangkatkan menuju lokasi terakhir korban dilaporkan hilang untuk melakukan operasi pencarian terhadap pria paruh baya tersebut.

"Tim Rescue Pos SAR Baubau diberangkatkan dengan menggunakan RIB untuk memberikan bantuan SAR. Jarak tempuh ke lokasi kejadian sekitar 21 mil laut dari Pos SAR Baubau," ujar Hidayat.

Basarnas menyebut korban merupakan warga Desa Gayabaru, Kecamatan Lapandewa, Kabupaten Buton.

Hidayat menerangkan awalnya sekitar pukul 02.00 WITA korban dilaporkan keluar melaut untuk mencari ikan dengan cara menjaring menggunakan sampan di sekitar Perairan Teluk Lande dengan jarak kurang lebih 1 mil laut dari desanya.

Kebiasaan korban kembali dari menjaring ikan pukul 18.00 WITA, namun hingga waktu tersebut lewat, La Wane tak kunjung kembali. Saat itu, pihak keluarga telah melakukan operasi pencarian, karena hasil nihil insiden tersebut dilaporkan ke Basarnas.

"Hingga informasi ini kami terima korban belum kembali. Telah dilakukan pencarian oleh pihak keluarga dengan hasil nihil," kata Hidayat.
 

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024