Wakatobi (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari memberikan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat yang ada di lima pulau terdepan, terluar dan terpencil (3T) di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Dokter Lanal Kendari Letda Laut (K) Jabal Nur di Wakatobi, Kamis mengatakan pihaknya sudah memberikan layanan kesehatan secara gratis kepada lebih dari 200 warga di lima pulau tersebut.

"Pemeriksaan kesehatan sudah lima pulau kita datangi dan kalau ditotal sudah lebih dari 200 pasien yang kita layani," katanya.

Dia menyampaikan layanan kesehatan gratis diberikan kepada masyarakat dalam Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) oleh Bank Indonesia dengan menggunakan kapal perang KRI Kakap-811 yang dimulai sejak 5 sampai 10 Mei 2023.



Ia menerangkan dalam kegiatan ini, Pangkalan TNI Angkatan Laut atau Lanal Kendari memberikan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat yang ada di lima pulau 3T, yakni Pulau Binongko, Kaledupa, Tomia, Runduma dan Wangi-Wangi.

Lebih lanjut Letda Jabal mengatakan dalam layanan kesehatan gratis ini, pihaknya menyiapkan obat-obatan rawat jalan dengan menggandeng sejumlah puskesmas yang ada di Kabupaten Wakatobi.

"Jadi kita kerja sama juga dengan puskesmas setempat, obatnya kita siapkan obat rawat jalan dan oksigen jika sewaktu-waktu ada emergency dibutuhkan," ujar dia.

Hatipa, salah satu warga Pulau Runduma mengatakan sangat bersyukur adanya pelayanan pengobatan gratis yang diberikan oleh jajaran TNI Angkatan Laut dari Lanal Kendari.

"Kami bersyukur dari masyarakat Desa Runduma telah didatangkan pengobatan gratis dari TNI AL, saya masalah persendian tulang di lutut dirasakan sekitar enam bulan tadi sudah dikasi obat, intinya kami warga di sini sangat senang sekali," kata Hatipa.

Komandan KRI Kakap-811 Mayor Laut (P) Yacob Tri Raharjo mengatakan selain di Pulau Wakatobi, pihaknya sudah melakukan trip ke beberapa pulau yang ada di Indonesia.

"Kita bersyukur hingga saat ini dengan baik tanpa ada kendala yang berarti dan itu tidak akan bisa tercapai kalau tidak ada dukungan dari BI sebagai leader dalam kegiatan ini dan juga dari Pemkab Wakatobi," kata Mayor Yacob.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: TNI AL beri pelayanan kesehatan masyarakat 3T di Pulau Wakatobi

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024