Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan masih akan terjadi hujan ringan di sejumlah wilayah kabupaten kepulauan seperti Buton, Buton Selatan dan Buton Tengah Sulawesi Tenggara.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim BMKG Kendari Faizal Habibie dalam keterangan tertulis yang diterima di Kendari, Rabu, menyebutkan selain wilayah kepulauan yang berpotensi hujan ringan juga ada beberapa wilayah kabupaten daratan di Sultra juga terjadi hujan ringan hingga sedang dan dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang.

Adapun wilayah daratan yang diperkirakan hujan ringan hingga sedang terjadi di kabupaten Konawe Selatan dan Bombana.

"Hujan ringan disertai kilat dan petir di wilayah itu diperkirakan terjadi pagi hari sekitar pukul 06.10 Wita," ujarnya.

Di wilayah Kabupaten Muna misalnya diperkirakan hujan ringan di kecamatan Wakorumba Selatan, Tongkuno, dan Batukara, Kabupaten Konawe Selatan di wilayah kecamatan Laonti, dan Kabupaten Bombana di wilayah kecamatan Lantari Jaya, Kabupaten Konawe Kepulauan di wilayah Wawonii Barat, Wawonii Utara, Wawonii Timur Laut, Wawonii Tenggara, Wawonii Selatan, Wawonii Tengah, serta Kabupaten Muna Barat: di kecamatan Lawa, Tiworo Utara, dan sekitarnya.

"Dan dapat meluas ke wilayah lain seperti Kabupaten Konawe meliputi wilayah kecamatan Sampara, Soropia, Bondoala, Kapoiala, Lalonggasumeeto, Morosi, Anggalomoare," ujar Faizal Habibie.

Kabupaten Konawe Utara diperkirakan juga hujan sedang di wilayah kecamatan Sawa dan Motui, dan Kota Kendari di wilayah Mandonga, Kendari, Poasia, Kendari Barat, Abeli, Wua-wua, Kadia, Puuwatu, Kambu, Nambo, dan sekitarnya.

Adapun suhu udara pada hari ini antara 24 - 33 derajat Celsius, kelembaban udara antara 60 - 95 persen dan kecepatan angin dari Barat Daya - Barat Laut / 2 - 40 kilo meter per jam.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024