Muna (ANTARA) - Pemerintah Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara menetapkan sebanyak 111 lokasi pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah baik di lapangan terbuka maupun masjid di daerah itu.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkot Kendari Sapri melalui keterangan resminya Rabu, mengatakan bahwa dari sebanyak 111 titik lokasi pelaksanaan shalat Idul Fitri tersebut, salah satunya berlokasi di Lapangan Upacara Kantor Balai Kota Kendari di Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, Sultra.

“Di lokasi itu, Pj (Penjabat) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu bersama jajaran OPD (Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan ASN (Aparatur Sipil Negara) lingkup Pemkot Kendari akan melaksanakan shalat Idul Fitri 1444 H ini,” kata Sapri.

Ia mengungkapkan bahwa penetapan 111 titik lokasi pelaksanaan shalat Idul Fitri tersebut telah disepakati bersama dengan Panitia Hari Besar Islam atau PHBI Kota Kendari.

“Penetapan lokasi shalat Idul Fitri di lapangan Kantor Balai Kota Kendari juga sudah melalui kesepakatan bersama dengan PHBI Kota Kendari,” ucap Kabag Kesra Kota Kendari itu.

Sapri menyebutkan bahwa 111 lokasi titik pelaksanaan shalat Idul Fitri itu tersebar di seluruh kecamatan di Kota Kendari dan telah berkoordinasi dengan masing-masing jajaran pemerintahan di 11 kecamatan di Kendari.

“Jadi penetapan lokasi salat Idul Fitri ini kita sudah koordinasikan ke seluruh jajaran pemerintahan kecamatan setempat,” sebut Sapri.

Dia juga membeberkan bahwa berdasarkan hasil pemantauan dari 111 lokasi tersebut, pelaksanaan shalat Idul Fitri tahun ini akan dilaksanakan di area terbuka atau lapangan dan di beberapa masjid yang memiliki kapasitas atau daya tampung jamaah yang besar.

“Dari 111 lokasi itu, ada di area terbuka seperti lapangan dan ada juga di masjid-masjid besar yang memungkinkan memuat banyak jumlah jamaah,” tutup Sapri.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024