Kendari (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 1.000 lanjut usia (lansia) di Rumah Jabatan Gubernur Sultra.

Gubernur Sultra Ali Mazi melalui keterangan resminya di Kendari, Selasa, mengatakan  bantuan tersebut diprioritaskan untuk lansia di Kota Kendari dan Kota Baubau, Sultra.

“Ini diprioritaskan dulu untuk lansia di Kota Kendari dan Kota Baubau,” kata Ali Mazi.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial atau Dinsos Provinsi Sultra Pahri Yamsul menjelaskan bahwa BLT untuk lansia itu dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) tahun 2023 dengan nilai anggaran sebesar Rp1 miliar yang dengan target akan dicairkan sebelum Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah (H)/2023 Masehi (M).

“Alhamdulillah, hari ini sesuai dengan target akan dicairkan sebelum Lebaran, dan tentu bantuan tersebut pasti akan lebih bermanfaat,’ ungkap Pahri Yamsul.

Kepala Dinsos Sultra itu mengungkapkan bahwa bantuan untuk lansia itu disalurkan untuk empat bulan dari Januari hingga April 2023 dengan besaran bantuan per bulan  sebesar Rp250 ribu per lansia kepada daerah yang laju inflasinya cukup tinggi.

“Nilai Rp250 ribu per bulan terhitung dari Januari hingga April 2023, jadi totalnya semua Rp1 juta untuk per lansia. Bantuan ini difokuskan untuk lansia di Kota Kendari dan Baubau untuk penanganan inflasi,” kata Pahri Yamsul.

Ia menuturkan bahwa bantuan itu disalurkan kepada lansia karena paling rentan dan tidak berpenghasilan. Bantuan itu akan menyasar sebanyak 1.000 lansia di Kota Kendari dan Kota Baubau.

“Masing-masing 500 orang per kota, selama empat bulan, lansia yang kita berikan untuk yang miskin saja, di daerah khusus inflasinya tinggi,” kata Pahri Yamsul.*


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024