Kendari (ANTARA) - Menyambut Hari Buruh Internasional (Mayday) 1 Mei 2023,  para pekerja/buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB) di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) akan ambil bagian dalam pertandingan Liga Futsal.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sultra, Aswati di Kendari, Selasa mengatakan, Liga Futsal yang akan diikuti internal pekerja/buruh yang bekerja di perusahaan yang ditandai dengan kartu identitas dan surat rekomendasi dari pihak perusahaan tempat bekerja.

"Jadi jumlah tim yang ikut dalam lomba Liga Futsal sebanyak 12 tim, dan setiap tim pesertanya sebanyak 12 orang terdiri dari 10 pemain, satu pelatih dan satu orang oficial," ujarnya.

Pertandingan Liga Futsal yang dilaksanakan di 33 provinsi di seluruh Indonesia itu didasarkan surat perintah dari Dirjen Hubungan Industrial dan Jaminal Sosial Kemenaker RI yang kemudian diturunkan ke masing-masing Dinas Tenaga Kerja provinsi.

Peringatan Mayday tahun 2023 yang juga bertepatan dengan suasana Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah yakni  "Merajut Kebersamaan Pekerja dan Pengusaha di Hari yang Fitri" Menteri Tenaga Kerja RI akan melakukan 'Kick Off' khusus Liga Futsal pada hari Selasa tanggal 4 April 2023.

Menurut Aswati, selain kegiatan internal Liga Futsal, menyambut Mayday dan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Disnaker Sultra bersama Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit  akan bentuk posko Mayday, pemantuan serta monitoring kegiatan perusahaan terkait pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) kepada pekerja/buruh di perusahaan.
  Peserta dari anggota LKS Tripartit Sultra saat mengikuti rapat dalam kesiapan Hari Buruh Internasional Mayday 2023 di salah satu hotel di Kendari.  (Foto ANTARA/Azis Senong)
Sementara itu, Wakil Ketua LKS Tripartit Sultra Alvian Pradana Liambo mengatakan, kegiatan rutin berupa turnament Futsal oleh Kementerian Tenaga Kerja yang telah menjadi agenda tahunan. Dan kegiatan ini diselenggarakan untuk membangun hubungan industrial yang baik antar pekerja, Pengusaha dan Pemerintah dalam bidang olahraga.  

"Yang pasti bahwa ajan Liga Futsal ini juga menjadi rangkaian dalam menyambut Hari Buruh Internasional Mayday. Kita berharap agar semua pekerja dapat berpartisipasi untuk menyususkan  kegiatan tersebut. Sebab kegiatan tersebut merupakan ajang silaturahmi bagi pekerja, pengusaha, dan pemerintah, serta diharapkan menjadi triger dalam menciptakan iklim investasi yang kondusif di bumi anoa Sultra," ujar Alvian.

Ia menambah, baik kegiatan Liga Futsal maupun puncak Mayday 1 Mei 2023, pihaknya bersama anggota LKS Tripartit  Sultra dengan menyiapkan berbagai persiapan baik menyangkut tempat (lapangan)  maupun melobi para wasit yang akan memimpin pertandingan tersebut.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024