Kendari (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggandeng lintas sektor guna menjaga dan mewujudkan lingkungan yang selalu aman dan kondusif di dalam rumah tahanan negara (Rutan) Kelas IIB Kolaka.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Sultra Muslim melalui telepon di Kendari, Senin mengatakan upaya tersebut dilakukan pihaknya dengan mengunjungi langsung aparat penegak hukum (APH) yang ada di Kabupaten Kolaka.

"Kami bekerja sama dan melakukan kunjungan koordinasi kepada pihak penegak hukum di wilayah Kabupaten Kolaka dengan tujuan untuk mempererat silaturahmi sekaligus membangun sinergi dalam menjaga keamanan rutan," katanya.

Dia menyampaikan bahwa kegiatan koordinasi ini diharapkan mampu memperkuat kerja sama dan kolaborasi yang selama ini telah dibangun pihaknya bersama APH yang ada di Kabupaten Kolaka.

Muslim menambahkan pihaknya membangun koordinasi dengan pihak Polres Kolaka dan BNN setempat terkait optimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsi pemasyarakatan di Rutan Kelas IIB Kolaka.

"Ini juga merupakan bentuk monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh Kemenkumham Sultra, khususnya bidang Divisi Pemasyarakatan terhadap sinergi yang dilaksanakan oleh jajaran pemasyarakatan di Kolaka dengan stake holder," ujar dia.

"Semua ini bertujuan mempererat silaturahmi sekaligus membangun sinergitas sebagaimana program yang berkesinambungan dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara khususnya bagi Unit Pelaksana Teknis Rutan Kelas IIB Kolaka berjalan dengan baik," ujarnya lagi.
 

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024