Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini gelombang setinggi dua meter lebih yang berpotensi terjadi di perairan Wakatobi dan kawasan perairan Laut Banda.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim BMKG Kendari Faizal Habibie dalam rilis yang diterima, Selasa, menyebutkan bahwa peringatan gelombang tinggi disertai dengan angin dan petir terjadi hingga 30 Maret 2023.

Ia mengatakan pergerakan angin dari arah selatan ke barat rata-rata per 2 - 20 kilo meter per jam.

Selain peringatan gelombang, kata Faizal, cuaca di pagi hari hingga siang berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di Kabupaten Muna, Buton, Konawe Selatan, Buton Utara, Konawe kepulauan, dan Kota Kendari.

"Potensi hujan sedang dan lebat, juga dapat meluas ke wilayah Kabupaten Muna yang meliputi Kecamatan Maligano, Lasalepa, dan Batukara," ujarnya.

Selain itu di wilayah kabupaten Buton meliputi Kecamatan Pasarwajo, Lasalimu Selatan, Siotapina, dan Wolowa, Kabupaten Konawe Selatan di Kecamatan Palangga, Lainea, Kolono, Moramo, Laonti, Palangga Selatan, Moramo Utara, Laeya, dan Kolono Timur, serta Kabupaten Buton Utara meliputi Kecamatan Kulisusu, Bonegunu, Kulisusu Barat, Kulisusu Utara, dan Wakorumba Utara.

Begitu pula di Kabupaten Konawe Kepulauan juga berpotensi hujan sedang di wilayah Kecamatan Wawonii Barat, Wawonii Utara, Wawonii Timur Laut, Wawonii Timur, dan Wawonii Tengah. Sementara Kabupaten Muna Barat di kecamatan Lawa, Kabupaten Buton Tengah di wilayah kecamatan Gu, dan Kota Kendari meliputi kecamatan Poasia, Abeli, Kambu, Nambo, kemudian Kota Bau Bau di kecamatan Sorawolio, Bungi, Lea-lea, dan sekitarnya.

"Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung mulai 10:40 Wita hingga siang dan bahkan sore hari," tuturnya.

Adapun suhu udara rata-rata 24 - 32 derajat Celsius dengan kelembaban udara 70 - 95 persen dengan kecamatan angin dari selatan - barat per 2 - 20 kilo meter per jam.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024