Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal menyediakan sebanyak 26 ribu kupon pasar murah untuk disebarkan kepada seluruh kepala keluarga di Kabupaten Mubar.

Penjabat (Pj) Bupati Mubar Bahri melalui keterangan resminya Senin, mengatakan bahwa kegiatan tersebut untuk menekan harga kebutuhan bahan pokok di Mubar.

Dia menyebut bahwa hal tersebut juga merupakan tindak lanjut dari instruksi Presiden dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia (RI) terkait dengan kewaspadaan peningkatan harga bahan pokok selama Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijriah (H)/2023 Masehi (M).

“Kami akan adakan pasar murah, yang rencananya digelar pekan depan. Ada sebanyak 26.020 kupon yang kami siapkan untuk kepala keluarga dengan harga paket per kupon di pasar murah itu senilai Rp70 ribu per paketnya,” kata Bahri.

Pria yang juga menjabat sebagai Direktur Perencanaan Keuangan Daerah Direktorat Jendral Bina Keuangan Daerah Kemendagri RI itu menjelaskan bahwa sebanyak 26 ribu kupon itu nantinya akan disebar ke 11 kecamatan di Mubar. Masing-masing kupon nantinya berhak membeli paket di pasar murah yang berisikan tiga komoditi, yaitu beras, gula, dan minyak goreng.

“Beras lima kilogram, gula satu kilogram, dan minyak goreng satu liter,” ujar Bahri.

Pria yang menjabat sebagai orang nomor satu di Kabupaten Mubar itu menyampaikan bahwa pihaknya bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Organisasi Perangkat Daerah atau OPD di Kabupaten Mubar akan terus melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di pasar-pasar yang ada di Mubar untuk memantau sekaligus mengecek langsung ketersediaan bahan pokok selama Ramadhan hingga Idul Fitri 1444 H/2023 M.

“Hal ini untuk memantau harga dan mengecek langsung ketersediaan bahan pokok di sejumlah pasar di Mubar selama Ramadhan 1444 H/2023 M,” jelasn Bahri.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024