Kendari (ANTARA) - PT PLN (Persero) mengoperasikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di kantor PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel) dan PLN ULP Kolaka Sulawesi Tenggara (Sultra) sebagai upaya mengurangi ketergantungan BBM.

"Hadirnya SPKLU di Palopo dan SPKLU di Kolaka tentu sangat menggembirakan bagi kita semua, karena dengan adanya SPKLU ini dapat mengurangi ketergantungan BBM," kata Sekretaris Daerah Kota Palopo, Firmanza dalam acara peresmian SPKLU PLN ULP, Selasa.

Dalam rilis Humas Unit Induk Distribusi (UID) PLN Sulselbar, Sekda Kota Palopa mengataan langkah ini merupakan bentuk dukungan nyata PLN terhadap pemerintah percepatan era Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Indonesia.

Dirinya pun mengapresiasi upaya PLN dalam membangun SPKLU agar kedepannya dapat bermanfaat untuk masyarakat khususnya kota Palopo daerah daerah lain di Sulsel.

Pada kesempatan yang sama, General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar), Mochammad Andy Adchaminoerdin merinci, SPKLU tersebut berjenis Fast Charging serta memiliki spesifikasi daya 1x50 kW.

Sejalan dengan siap beroperasinya SPKLU PLN ULP Palopo, PLN juga mengkampanyekan wisata hijau dimana pengujung dapat berwisata dengan menggunakan produk yang ramah lingkungan khususnya di wilayah Palopo, Toraja dan sekitarnya.

"Produk tersebut diantaranya, hotel yang telah memiliki Renewable Energy Cetificate , kendaraan listrik dan cafe yang menggunakan peralatan serba listrik," kata Andy.

Tercatat per Maret 2023, terdapat tujuh SPKLU yang berada di wilayah kerja PLN UID Sulselrabar. Adapun SPKLU tersebar di PLN ULP Mattoanging, PLN UP3 Makassar Selatan, Kantor Gubernur Sulawesi Selatan di Kota Makassar, PLN UP3 Parepare di Kota Parepare, PLN ULP Palopo di Kota Palopo, PLN ULP Kolaka di Kabupaten Kolaka dan PLN ULP Wuawua, di Kota Kendari

Oleh karena itu, PLN akan terus menambah fasilitas SPKLU lagi. Sebab, sampai dengan tahun 2023, akan ada penambahan 4 SPKLU lagi yakni di Bulukumba, Watampone, Kolaka Utara dan Konawe Utara.

"Target dalam wilayah kerja PLN UID Sulselrabar, akan ada 11 SPKLU yang terintegrasi di jalan TransSulawesi sampai akhir tahun 2023," kata Andy.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024