Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan cuaca di Sulawesi Tenggara (Sultra), masih berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pada pagi hingga siang hari.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim BMKG Kendari Faizal Habibie dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat, menyebutkan ada beberapa wilayah kabupaten di pagi hari mulai pukul 06.30 WITA hingga jelang siang 11.20 WITA terjadi hujan sedang hingga lebat.

Adapun wilayah dimaksud yakni Kabupaten Kolaka meliputi wilayah Kecamatan Wolo dan Samaturu, Kabupaten Konawe di wilayah Soropia, Amonggedo, dan Lalonggasumeeto, Kabupaten Kolaka Utara di Lasusua, Rante Angin, dan Kecamatan Lambai.

Begitu juga di wilayah Kabupaten Konawe Utara pada Kecamatan Sawa, dan Motui, Kabupaten Konawe Kepulauan di Kecamatan Wawonii Timur Laut, dan Wawonii Timur, dan Kota Kendari meliputi Kecamatan Mandonga, Kendari, Kendari Barat, Abeli, Puuwatu, Nambo, dan sekitarnya.

"Dan dapat juga meluas ke wilayah kabupaten lain seperti Kabupaten Kolaka di Kecamatan Wwoimendaa, Kabupaten Konawe pada wilayah Kecamatan Sampara, Bondoala, Meluhu, Kapoiala, Morosi, Anggalomoare, Kabupaten Kolaka Utara di Kecamatan Katoi, Kabupaten Konawe Utara di Lembo, Kabupaten Konawe Kepulauan di Wawonii Utara, Wawonii Tenggara dan kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga besok hari pada waktu yang berbeda," ujarnya.

Adapun suhu udara pada hari ini, kata Faizal, masih seperti hari sebelumnya yakni antara 23 - 32 derajat celsius dengan kelembaban udara 65 - 95 persen, dan kecepatan angin bertiup dari barat daya - barat laut 2- 20 kilometer per jam.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat yang beraktivitas di laut agar tetap waspada, karena gelombang laut, angin kencang, dan petir biasanya tiba-tiba datang di luar prediksi dari pihak BMKG.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024