Kendari (ANTARA) - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Tenggara menggelar pekan olahraga bagi pegawai dan warga binaan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-59 Pemasyarakatan.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sultra Silvester Sili Laba di Kendari, Sabtu mengatakan pihaknya menyelenggarakan pekan olahraga sebagai bentuk refleksi penyegaran pikiran setelah melaksanakan tugas dan kewajiban utamanya divisi pemasyarakatan.

"Ini sebagai refleksi kita melaksanakan tugas selama ini dan bagaimana ke depannya kita menjaga kesehatan, pikiran, sehat badan, sehat jasmani supaya pelaksanaan tugas dan fungsi bisa berjalan secara optimal," katanya di sela pembukaan pekan olahraga pemasyarakatan dan eksibisi pertandingan olahraga sepak bola antara petugas Pemasyarakatan Kemenkumham Sultra bersama Polresta Kendari dan Universitas Halu Oleo Kendari.

Menurut Silvester mempunyai tubuh dan pikiran yang sehat dapat menciptakan kinerja yang baik dalam menjalankan tugas dan kewajiban sebagai insan pengayoman dalam melayani masyarakat utamanya warga binaan pemasyarakatan (WBP) atau narapidana.

"Sehingga kita bisa melakukan pendekatan humanis, hospitality, itu yang kita utamakan. Jadi, kita harus sehat, pikiran sehat, tubuh harus selalu fit," ujar dia.

Dia menyampaikan, kegiatan pekan olahraga akan dilakukan di semua unit pelaksana teknis (UPT) Pemasyarakatan Kemenkumham Sultra yakni di 11 lapas dan rutan. Warga binaan akan mengikuti kegiatan olahraga seperti bulu tangkis, futsal dan lainnya.

"Kita libatkan juga warga binaan di lapas rutan yang ada di Sulawesi Tenggara di tempat masing-masing. Khusus di Kota Kendari semuanya diadakan di Lapas Kendari," jelas dia.

Kemenkumham Sultra melaksanakan pertandingan persahabatan atau eksibisi sepak bola bersama aparat penegak hukum jajaran Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kendari dan Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, sebagai rangkaian kegiatan pembukaan pekan olahraga pemasyarakatan.

Silvester menambahkan, pihaknya melakukan pertandingan persahabatan sepak bola bersama Polresta Kendari dan UHO Kendari untuk menjalani sinergi yang lebih baik lagi ke depannya.

"Eksibisi ini seluruh Indonesia secara serentak dilaksanakan, dibuka langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Bapak Yasonna Laoly. Ini bagian dari menyongsong Hari Bhakti Pemasyarakatan yang ke-59," kata Silvester Sili Laba.
 

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024