Kendari (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kendari, Sulawesi Tenggara, menyiapkan sejumlah personel di Markas Komando (Mako) Polresta Kendari untuk bersiaga ketika bencana datang melanda di daerah ini.

Kapolresta Kendari Kombes Pol. Muhammad Eka Fathurrahman di Kendari Senin, mengatakan mereka bersiaga di Mapolresta Kendari untuk sewaktu-waktu bisa langsung bergerak memberi bantuan.

Selain menyiagakan personel, orang nomor satu di Polresta Kendari itu juga mengatakan bahwa pihaknya mengecek peralatan SAR terbatas di Mapolresta Kendari.

"Pengecekan personel dan peralatan SAR terbatas," lanjutnya.

Ia menuturkan bahwa kedua hal itu dalam rangka penanggulangan bencana alam akibat cuaca buruk beberapa hari lalu.

"Dalam rangka penanggulangan bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor di wilayah hukum Polresta Kendari," jelasnya.

Mantan Direktur Reserse Narkoba (Resnarkoba) Polda Sultra itu mengatakan bahwa peralatan SAR terbatas di Polresta Kendari, yakni perahu kano sebanyak 5 unit, dayung sebanyak 10 buah, baju pelampung 10 buah, dan pelampung 10 buah.

"Selain itu, helm 10 buah, mesin senso 10 dua unit, mobil trek 2 unit, mobil dobel kabin 1 unit, mobil Raisa 1 unit, motor trail 5 unit, ambulans 1 unit, dan bus ada 1 unit," ungkapnya.

Kombes Pol. Muhammad Eka Fathurrahman juga mengatakan bahwa seluruh personel di Mako Polresta Kendari akan selalu siap siaga dalam melakukan operasi penanggulangan bencana alam yang terjadi di wilayah hukumnya.

Ia juga mengimbau masyarakat Kota Kendari agar selalu menjaga diri dan lebih berhati-hati dalam melaksanakan aktivitas di luar rumah.

"Masyarakat agar selalu siaga dan selalu memperhatikan keselamatan diri ketika beraktivitas di luar rumah," katanya.

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024