Kendari (ANTARA) - Penjabat Bupati Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara, Basiran bakal mempromosikan sejumlah potensi kelautan dan sumber daya alam (SDA) yang ada di kabupaten tersebut di Panama.

Berdasarkan keterangan tertulis Kominfo Buton di Kendari, Kamis, dikatakan Penjabat Bupati Buton Basiran bakal mempromosikan potensi daerah tersebut pada Konferensi Kelautan Dunia Our Ocean Conference 2023 di Panama.

Pj Bupati Buton Basiran mengatakan, pihaknya bakal mempromosikan potensi kelautan, termasuk potensi alam dan wisata lainnya yang dimiliki Bumi Penghasil Aspal Alam terbesar di dunia.

“Saya akan menggunakan kesempatan ini untuk mempromosikan potensi yang dimiliki Buton. Jadi, saya bawa hasil kerajinan seperti nentu, tenunan Buton, keripik tuna, sambal tuna, keripik sukun, dan hasil olahan nelayan lainnya," katanya.

Dia menyebut, sejumlah kerajinan tangan dan hasil olahan yang ia bawa merupakan permintaan langsung Kedutaan Besar Indonesia di Panama.

Menurut dia, pertemuan tersebut merupakan ajang dialog kolaboratif antara kepala negara, sektor swasta, masyarakat sipil dan lembaga akademik guna membahas berbagai upaya penyelamatan sumber daya laut.

Pj Bupati Buton Basiran dan Bupati Minahasa, Sulawesi Utara Royke Octavian Roring mewakili Indonesia dalam Konferensi Kelautan tersebut bertajuk 8 th Edition Of The Ocean Confrence yang akan digelar di Panama City, Republik Panama, Amerika Tengah, pada 2-5 Maret 2023.

Direncanakan Pj Bupati Buton bersama rombongan Indonesia setelah transit di Dubai United Arab Emirates, International dan Los Angeles International Airport (LAX), akan langsung dijemput Tim Rare Global (Tanmatra) dan disambut oleh Kedutaan Besar (Kedubes) Indonesia untuk Panama di Panama City Tocumen Airport.

Pada Konferensi kelautan tersebut Pj Bupati Buton akan mengikuti Side Events Panama Convention Center Pemerintah Daerah & Nelayan Skala Kecil yakni Bagaimana Membuat Kerja Sama Pengelolaan untuk Masyarakat Pesisir.

“Pada ajang itulah kita akan mempromosikan dan menampilkan potensi daerah di Kabupaten Buton,” kata Pj Bupati Buton.

Disebutkan, Pj Bupati Buton tergabung dalam rombongan Indonesia yang hadir dalam konferensi kelautan yakni Dirjen Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kemenko Marves, Bappenas, Kementerian Investasi dan BKPM, Kemenlu dan Bupati Minahasa.



 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Penjabat Bupati Buton promosikan potensi kelautan dan SDA di Panama

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024