Kendari (ANTARA) - Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari Letkol Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari berharap Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) di Lanal tersebut untuk menegakkan aturan guna melindungi prajurit dari pelanggaran salah satunya penyalahgunaan narkoba.

"Harapan di Hari Ulang Tahun Pomal yang ke-77, Pomal dapat menegakkan aturan serta mencegah terjadinya pelanggaran-pelanggaran bagi TNI Angkatan Laut, utamanya adalah bahaya narkoba yang sudah menghantui kita selama ini," kata Letkol Laut (P) Abdul Kadir di Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin.

Dia berharap agar Pomal, khususnya di Pangkalan TNI AL Kendari, senantiasa membina dan profesional dalam melaksanakan tugas-tugasnya dalam menegakkan kedisiplinan prajurit Jalasena agar tidak melakukan pelanggaran.

"Pomal harus menjadi prajurit patriot NKRI dalam penegakan disiplin bagi prajurit TNI Angkatan Laut dan pegawai negeri sipil di jajaran TNI Angkatan Laut," ujar dia.

Pangkalan TNI Angkatan Laut Kendari di Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar upacara puncak peringatan HUT ke-77 Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) di Dermaga Mako Lanal Kendari. Komandan Lanal Kendari bertindak sebagai inspektur upacara dan diikuti seluruh jajaran Pomal dan prajurit di Lanal tersebut.

Letkol Laut (P) Abdul Kadir meminta jajaran Pomal mampu menegakkan hukum, kedisiplinan maupun tata tertib bagi seluruh jajaran prajurit TNI Angkatan Laut tanpa pandang buluh ataupun kepangkatan demi mewujudkan profesionalitas kerja yang modern dan tangguh.

Danlanal Kendari menekankan agar sebelum menegakkan hukum dan kedisiplinan, jajaran Pomal harus menjadi contoh dan suri tauladan bagi seluruh prajurit TNI Angkatan Laut dalam menjalankan tugas kapanpun dan dimanapun berada.

Selain itu, demi kelancaran dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, Pomal Lanal Kendari juga diminta meningkatkan solidaritas, kerja sama dan sinergi antara seluruh personel internal maupun aparat penegak hukum dari institusi dan lembaga lainnya.

"Semua itu merupakan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut kepada seluruh prajurit Pomal termasuk yang paling utama adalah meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa," kata Letkol Laut (P) Abdul Kadir.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024