Kendari (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengharapkan kepada semua perusahaan tetap mengutamakan keselamatan, keamanan dan kesehatan kerja (K3) bagi karyawan dalam bekerja.

"Alhamdulillah, rangkaian kegiatan memeriahkan peringatan bulan K3 tahun ini berjalan sukses dan lancar, semoga kegiatan yang telah digelar dapat bermanfaat terutama mengenai tingkat pemahaman keselamatan kerja yang menjadi prioritas," tegas Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sultra, Ali Haswandy, di Kendari, Senin.

Ia berharap peringatan bulan K3 tahun ini yang diikuti perwakilan karyawan perusahaan dapat membawa berkah, sehingga tingkat kecelakaan kerja dapat diminimalisir karena sejumlah karyawan sudah memahami fungsi dari penerapan K3 di setiap lingkungan kerja.

"K3 atau kepanjangan dari Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan kerja, merupakan dasar dalam setiap tindakan di tempat kerja atau biasa disebut standar operasional kerja untuk mengukur berbagai aspek berkaitan dengan keselamatan kerja," katanya.

Ia mengatakan berbagai lingkungan kerja yang ada saat ini, juga tidak lepas dari peran K3 yang dapat melindungi pekerja dalam melakukan segala aktivitasnya di tempat kerja

"Karena itu setiap aturan dalam K3 bertujuan meningkatkan produktivitas kerja jika diterapkan dengan baik sekaligus perlindungan pekerja dari risiko yang merugikan kesehatan," kata Ali Haswandy.

Guna memeriahkan peringatan bulan K3 tingkat provinsi Sultra 2023 panitia menggelar berbagai lomba. Seperti cerdas cermat antar karyawan perusahaan, aksi donor darah dan pemeriksaan kesehatan, seminar K3 serta sosialisasi pencegahan peredaran gelap Narkoba.

Usai seremoni penutupan kegiatan peringatan bulan K3, dilanjutkan pengumuman hasil lomba-lomba dan pemberian hadiah, penyerahan kartu BPJS ketenagakerjaan serta penyerahan sedekah kepada sejumlah anak yatim piatu.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024