Kendari (ANTARA) - Galeri investasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari di Sulawesi Tenggara meraih juara 3 tingkat nasional dengan kategori teraktif dalam mencetak investor muda baru.

Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Sultra Ricky melalui telepon di Kendari, Rabu mengatakan Galeri Investasi FISIP UHO mewakili Sulawesi Tenggara karena dinilai aktif dalam kategori teraktif berdasarkan jumlah penambahan rekening efek.

"Galeri investasi FISIP Universitas Halu Oleo meraih juara 3 di tingkat nasional mewakili Sultra untuk kategori galeri investasi Bursa Efek Indonesia teraktif berdasarkan jumlah penambahan rekening efek," katanya.

Sementara di posisi pertama dimenangkan oleh UIN Raden Mas Said Surakarta dengan jumlah penambahan rekening efek baru sebanyak 1.861 single investor identification (SID). Sedangkan posisi kedua dimenangkan oleh Universitas Muhammadiyah Purwokerto dengan jumlah pertumbuhan rekening efek baru sebanyak 774 SID.

Ricky menyebut Galeri Investasi SIFIP UHO Kendari mengalami penambahan rekening efek yang terjadi dalam periode penilaian dimulai Oktober 2021 sampai Desember 2022 mencapai 664 SID baru di pasar modal.

"Penghargaan diterima langsung oleh pengurus Galeri Investasi FISIP Universitas Halu Oleo yaitu Bapak Dr. Bakti di Mainhall Bursa Efek Indonesia Jakarta," ujar dia.

Dia berharap melalui prestasi yang dicapai tersebut dapat menjadi motivasi bagi galeri investasi lainnya yang ada di Sulawesi Tenggara agar dapat pula berprestasi ditingkat nasional.

Ricky menyebut, Galeri Investasi FISIP UHO merupakan satu dari 13 galeri yang dibentuk BEI Sultra di antaranya Galeri Investasi BEI Universitas Lakidende, Galeri Investasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Halu Oleo; Galeri Investasi Syariah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam-Enam Kendari; Galeri Investasi Syariah IAIN Kendari; Galeri Investasi Syariah Universitas Muhammadiyah Kendari; Galeri Investasi Universitas Dayanu Ikhsanuddin.

Selanjutnya, Galeri Investasi Syariah Universitas Muhammadiyah Buton; Galeri Investasi Universitas Sulawesi Tenggara; Galeri Investasi Edukasi SMA Satria Kendari; Galeri Investasi Edukasi SMK Satria Kendari; Galeri Investasi KADIN Sulawesi Tenggara; dan Galeri Investasi Universitas Lakidende.

"Kami juga rutin mengadakan kompetisi baik tingkat provinsi maupun nasional, kami aktif juga melakukan koordinasi dan kegiatan dengan seluruh galeri investasi yang ada di Provinsi Sultra," kata Ricky menambahkan.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024