Kendari (ANTARA) -
Kamar Dagang dan Industri (Kadin) serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyatakan siap untuk memfasilitasi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk mengekspor produk lokal.
 
Wakil Ketua Kadin Sultra Suwandi Andi, di Kendari Sabtu, mengatakan bahwa pihaknya selalu siap untuk menjadi yang terdepan untuk mendorong para pelaku usaha di Sultra semakin maju.
 
"Karena itu, Bapak Anton Timbang sebagai ketua umum Kadin Sultra terus berkomitmen untuk memajukan ekonomi masyarakat melalui UMKM yang mempunyai produk skala ekspor baik lokal maupun internasional,” katanya saat melakukan sosialisasi prosedur ekspor komoditas pertanian di Kendari.
 
Dalam kegiatan yang menghadirkan Disperindag Sultra, Karantina Pertanian, dan Bea Cukai Kendari sebagai narasumber sosialisasi tersebut, Suwandi Andi yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Provinsi Sultra itu juga mengungkapkan bahwa dengan sinergi yang dilakukan antara penyelenggara pemerintah, Kadin Sultra selalu mengawal produk lokal yang ada di Sulawesi Tenggara.
 
“Kami di Kadin selalu siap untuk mengawal produk lokal Sultra,” lanjutnya.
 
Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Luar Negeri Disperindag Sultra Muslimin M menuturkan bahwa pihaknya yang bekerja sebagai bagian dari pemerintahan seluruh produk lokal yang dikembangkan oleh UMKM Bumi Anoa ini.
 
"Kami akan siap menjadi fasilitator bagi pelaku usaha untuk melakukan ekspor barang keluar negeri,” ucap Muslimin M.
 
Dia menambahkan bahwa bentuk yang diberikan oleh pemerintah terhadap pelaku UMKM lokal dengan menerbitkan surat keterangan asal yang nantinya digunakan saat melakukan ekspor produk mereka.
 
"Selain itu, kami juga terus berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan oleh UMKM yang ada di Sultra,” jelasnya.

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024