Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara memprediksi di wilayah Kabupaten Konawe Selatan dan Kota Kendari berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat pada pukul 10.20 Wita hingga siang hari.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Faizal habibie dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu mengatakan dua wilayah kabupaten dan kota tersebut sejak pagi sebagian diselimuti awan gelap namun belum terjadi hujan.

Di kabupaten Konawe Selatan tidak semua wilayah alami hujan sedang dan ringan namun hanya beberapa wilayah kecamatan saja seperti kecamatan Laonti, dan Moramo Utara,  Dan di Kota Kendari pun hanya di kecamatan Poasia, Kendari, Kendari Barat, Abeli dan sekitarnya.

"Dan dapat juga meluas ke wilayah lain seperti di kabupaten Konawe: meliputi wilayah kecamatan Soropia, dan Lalonggasumeeto, Kabupaten Buton di wilayah  Lasalimu, Lasalimu Selatan, Siotapina, dan kecamatan Wolowa," ujar Faizal.
 
Selain itu, di kabupaten Konawe Kepulauan juga berpotensi hujan ringan hingga diiringi kilat dan petir pada wilayah kecamatan  Wawonii Barat, Wawonii Utara, Wawonii Timur Laut, Wawonii Timur, Wawonii Tenggara, Wawonii Selatan, Wawonii Tengah.

Dan Kota Kendari meliputi wilayah kecamatan Mandonga, Baruga, Wua-wua, Kadia, Puuwatu, Kambu, Nambo,  dan sekitarnya. Sedangkan di Kabupaten Konawe Selatan meliputi wilayah kecamatan  Kolono, Moramo, dan Kolono Timur.

"Kondisi ini,  diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul  12:20 Wita," tuturnya.

Adapun suhu udara yang terjadi hari ini hingga Kamis 26 Januari 2023 antara  24 - 32 derajat celsius dengan kelembaban udara antara  65 - 95 persen dengan kecepatan angin dari  Barat Daya ke Barat Laut per  2 - 20 kilo meter per jam.

"Olehnya itu di imbau kepada seluruh masyarakat terutama yang akan menggunakan jasa angkutan laut untuk tetap waspada dan tetap mengupdate informasi terkini melalui Website yang dikeluarkan BMKG setempat," tuturnya.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024